Arif: Komisi I Siap Bantu KPP DOB Mengawal Proses Pengusulan DOB

  • Bagikan

[lintasjabar tkp] Anggota Komisi Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Arif Hamid Rahman, SH menyatakan Komisi I bersepakat untuk mengawal dan mendorong pemekaran Daerah Otonomi Baru Kota Cikampek.

“Secara persaratan dasar dan potensi wilayah, telah cukup layak, pemekaran ini jangan sampai berdampak hingga membuat kabupaten kolaps,” imbuhnya menanggapi tuntutan warga yang tergabung dalam Komite Percepatan Pembentukan Daerah Otonomi Baru (KKP DOD) saat Komisi I melakukan Kunjungan kerja (Kunker) ke Desa Cikampek Kota, Kecamatan Cikampek, Karawang, belum lama ini.

Pihaknya siap membantu KPP DOB mengatasi kendala dan akan mengawal proses pengusulan DOB tersebut.

“Kalau diperhatikan dari paparan, dan dilihat secara kasat mata Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Kota Cikampek tentu memenuhi syarat,” lanjutnya.

[xyz-ips snippet=”bacajuga”]

Namun pihaknya akan kaji lebih dalam secara akademis, dan meminta pada Pemerintah Provinsi melalui Biro Pemerintahan agar memprioritas Kota Cikampek, dan menganggarkan pada tahun 2021 untuk pengkajian.

Arif menegaskan kunker tersebut juga sekaligus meninjau kesiapan Calon Daerah Otonomi Baru Kota Cikampek.yang disambut oleh KKP DOD Kota Cikampek.

Pada kesempatan itu, disampaikan Ketua KKP DOB Kota Cikampek juga menjelaskan progres dan kendala yang dihadapi KPP DOB Kota Cikampek.

[xyz-ips snippet=”bacajuga”]

“Berita Acara Musyawarah Desa calon cakupan wilayah Kota Cikampek ini terdiri dari tujuh Kecamatan dan terbagi dalam 75 desa, dan telah disampaikan kepada Bupati dan DPRD Karawang serta, Gubernur dan Komisi I DPRD jawa Barat.” papar Jajat dalam dialog pada kunker tersebut.

Jajat juga berharap Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang segera melakukan persetujuan bersama antara Bupati dan DPRD, dan segera memasukan rencana pembentukan DOB kota Cikampek dalam RPJMD Kab. Karawang 2021-2026 nanti. (AdiPar/San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan