Aspirasi Seputar Dunia Pendidikan Warnai Reses Dewan

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Reses anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Yomanius Untung, SPd yang juga wakil ketua Komisi V ini mengangkat tema persiapan alih kelola SMA/SMK dari pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi.

Menurutnya pada reses ini saya mengangkat tema alihkelola SMA/SMK. Saya temui stakeholders pendidikan di daerah pemilihan saya yaitu Dapil 9 yang meliputi Kabupaten Sumedang, Majalengka dan Subang,” kata politisi senior partai Golkar kepada wartawan di Gedung DPRD Jabar,Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Pada pertemuan itu dibahas persiapan Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengambil alih tata kelola SMAN/SMKN mulai tahun 2017. Selain itu, dibahas pula tentang pencairan dana BOS Provinsi, distribusi RKB dan peralatan praktek SMK.

Dari reses  ada beberapa catatan, diantaranya tentang realisasi pencairan dana BOS Provinsi yang terhambat. Ada sekolah yang sampai bulan Desember ini belum cair dana BOS-nya, padahal seharusnya sudah dicairkan sejak awal. Hal tersebut terjadi di Sumedang dan Majalengka.

Temuan lainnya adalah terkait dengan peningkatan angka partisipasi kasar dan angka partisipasi murni pendidikan menengah yang terhambat karena kapasitas ruang kelas, yaitu di Sumedang dan Majalengka, tidak memungkinkan untuk menampung semua lulusan SMP.

Untuk itu, Untung meminta pihak Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat melakukan pemetaan kebutuhan RKB untuk SMA/SMK di kabupaten/kota se-Jawa Barat. Hal itu perlu dilakukan agar pendistribusian bantuan RKB sesuai dengan kebutuhan bukan sesuai dengan keinginan. Sebab, bisa saja keinginan tidak mencerminkan kebutuhan. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan