Dansektor Pembibitan Saksikan Warga Panen 1.5 Ton Sereh Wangi Di Cikembang Dan Tarumajaya

KAB. BANDUNG, LJ – Arahan Dansektor Pembibitan Kol Inf Choirul Anam Untuk menanam sereh wangi, kini dapat dirasakan langsung oleh Warga Desa Tarumajaya Kec Kertasari.

1.5 ton daun sereh wangi hari ini Selasa (23/07) dipanen warga masyarakat Desa Tarumajaya, dan langsung dikirim ketempat penyulingan untuk dilakukan penimbangan.

Menurut Dansektor Pembibitan bahwa ada beberapa petak sereh wangi yang siap dipanen, ” Ini baru sebagian saja yang dipanen, karena kapasitas penyulingan masih terbatas.

“Ini bukti bahwa apa yang kita sarankan bisa menambah pendapatan warga, apalagi sereh wangi hanya diperlukan daunnya saja, sementara batangnya tetap masih bisa tumbuh lagi,” ungkap Dansektor Pembibitan yang didampingi Pasi Ops Sektor dilokasi penimbangan.

Untuk satu ton daun sereh wangi bisa menghasilkan sekitar 7 kg minyak, dengan luas nya sebaran tanaman sereh wangi, warga bisa secara bergiliran melakukan panen.

Ditambahkan Kol Inf Choirul Anam bahwa masyarakat jangan pernah takut untuk menanam sereh wangi, karena kami sudah siapkan semuanya,” Warga tinggal tanam, kirim lalu timbang dan dibayar.

“Intinya, apapun yang kami sarankan untuk ditanam, semua untuk kesejahteraan masyarakat, ini yang dinamakan bertanggung jawab berkelanjutan,” pungkas Kolonel Inf Choirul Anam.

Selain menyaksikan panen dan penimbangan sereh wangi, Dansektor juga berkesempatan memberikan bibit sereh wangi kepada beberapa petani penggarap. (Zaen)

Tinggalkan Balasan