Depicab SOKSI Kota Bandung Baksos Pengerukan Anak Kali Cinambo Bandung

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Wilayah Kelurahan Cisaranten Wetan Kecamatan Cinamboh khusunya RT 04 RW 02 bila memasuki musim hutan daerah tersebut selalu mengalaami kebanjiran,hal ini diakibatkan volume air yang tinggi sementara saluran pembuangannya kecil bahkan tidak ada,menyikapi aspirasi warga tersebut Dewan Pimpinan Cabang Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia ( SOKSI ) Kota Bandung bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Anak Cabang Kecamatan Cinambo melaksanakaan  Bakti Sosial Pengerukan anak kali Cinaambo dan penanaman 200 pohon produktif seperti mahoni,matoa,rambutan,nangka dan sukun di sepanjang bantaran sungai.

Bertempat di Jalan Golf Raya Cisaranten Bandung,Minggu ( 31/10).
Dewan Panasehat SOKSI Kota Bandung DR. H. Juniarso Ridwan, M.Si pada kesempatan tersebut mengatakan,”pemeliharaan lingkungan merupakan amanah sebagai mana yang hal ini telah ada sejak nabi Adam,karena dengan pemeliharaan lingkungan maka itu merupakaan amal ibadah,ujarnya seraya menambahkan adapun yang kita kerjakaan ini merupakaan integrrasi dari program SKPD Kota Bandung untuk itu perlu mendapat dukungan dari semua elemen masyarakat salah satunya SOKSI merasa terpanggil untuk mencariakn jalan keluar yang dihadapi masyarakat,sehingga apabila lingkungan yang baik dapat meningkatkan kualitas  Sumber Daya Manusia yang baik pula,jelas mang Juni saapaan akrabnya.

Ketua Depicab SOKSI Kota Bandung Solih Tjutju mengatakan,apa yang diperbuat organisasi yang dipimpinnya ini merupakan program kerja yang senantiasa akan dilakukan untuk membantu,memfasilitasi dan menyerap aspirasi masyarakat sehingga permasalahan yang ada diwarga dapat dicarikan solusi atau jalan keluar yang berarti/faedah sehingga SOKSI  bisa berkontribusi terhadap masyarakat Kota Bandung,tuturnya.

Lanjutnya kedepan pihaknya,akan membentuk satuan tugas yang akan mengawasi keberadaan tanaman/pohon yang sudah ditanam sesuai wilayah masing-masing Depiancab Kecamatan.Disamping itu juga setiap Depiancab diwajibkan memiliki daerah atau wilayah binaan untuk penataan lingkungan hidup,imbuhnya seraya menambahkan saat ini sudah terbentuk 24 Depincab tingkat kecamatan dan dalam waktu dekat ini 6 Depincab segera dibentuk struktur kepengurusaanya.

Sementara itu Lurah Cisaranten  Wetan Asep Aceng mengungkapkan, hal ini merupakan salah satu program dari 7 garapan unggulan pemkot Bandung yaitu lingkungan hidup,yang mana penataan air kotor dan penanaman pohon merupakan bukti nyata yang dapat dirasakan langsung masyarakat,ujarnya.Untuk itu Ia mengucapkan terimakasih kepada SOKSI yang telah menjadi fasilitator penataan lingkungan di wilayah Kelurahan Cisaranten Wetan,ujarnya.

Ditambahkannya, pengerukan anak kali Cinambo ini yang membuat saluran sepanjang 40 meter bukan dilihat panjang dan pendeknya tetapi hal ini sangat bemanfaat bagi warga dan masyarakat RT 04 RW 02 karena dengan adanya saluran ini/pengerukan ini yang tadinya selalau digenagi air ,insya allah kedepan tidak lagi. (Rendy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan