Dewan Dukung Pemprov Bangun Tol Citas

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Pemerintah Provinsi Jawa Barat berencana membangun tol Cileunyi-Tasikmalaya (Citas). Keberadaan tol tersebut dinilai mampu mendorong roda ekonomi di kawasan priangan timur. DPRD Jabar pun berkomitmen guna mendorong jalan tol yang menghubungkan tol Cileunyi Kabupaten Bandung hingga Kabupaten Tasikmalaya itu.

“Kami berkomitmen mendorong pertumbuhan pembangunan ekonomi di seluruh wilayah Jabar, salah satunya priangan timur,” ujar Anggota Komisi IV DPRD Jabar Yod Mintaraga, Senin (1/12).

Yod mengatakan, keberadaan tol di kawasan priangan timur sangat penting untuk mendorong moda transportasi dan pertumbuhan ekonomi di sana. Saat ini, aku Yod, penyusunan detail engineering design (DED) pembangunan jalan tol tersebut sudah dimulai.

“Dengan dibuatnya DED, pembagian tugas terkait pembangunan jalan tol tersebut menjadi lebih jelas,” jelas dia.
Dia berharap pada 2016 sudah dilakukan pembebasan lahan. Sementara pembangunan jalan tol tersebut rencananya akan menggunakan dana APBN dan swasta.

“Kan kita punya BUMD Jasa Sarana yang bisa menggarap ini. Kalau tol itu terbangun, bisa memperpendek daya tempuh. Saat ini yang jelas pembebasan lahan bisa terealisasi,” ucap dia.

Untuk kawasan priangan timur, pihaknya juga mengalokasikan dana untuk pengembangan Bandara Nusawiru, Kabupaten Pangandaran.”Anggaran tersebut akan digunakan untuk pembangunan landasan pacu, hanggar, dan air traffic Bandara Nusawiru,” jelasnta. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan