Dewan Sesalkan Lambannya Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu

  • Bagikan

SUMEDANG (LJ) – DPRD Jawa Barat menyesalkan belum tuntasnya pembebasan lahan untuk pembangunan jalan bebas hambatan Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan). Padahal, percepatan pembangunan jalan tol itu sangat diharapkan guna mendukung keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, di Kabupaten Majalengka, yang ditargetkan beroperasi pada 2017 mendatang.

Hal ini disampaikan Ketua DPRD Jabar Irfan Suryanagara usai meninjau proyek pembangunan tol Cisumdawu, di Kabupaten Sumedang, Rabu (7/5). Peninjauan yang dilakukan dalam rangkaian acara ‘DPRD Jabar Saba Desa’ itu, dihadiri juga oleh Wakil Ketua DPRD Jabar Rudy Harsatanaya beserta anggota DPRD Jabar yakni Agus Welyanto, Anwar Yasin, Irwan Natsir, dan Sri Budi.

Dalam tinjauan tersebut, perwakilan DPRD Jabar itu memeroleh paparan dari PT Jasa Sarana, BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang membangun proyek Cisumdawu. “Dan kata mereka (PT Jasa Sarana), permasalahan masih banyak terjadi pada pembebasan lahan yang kewenangannya ada di pemerintah pusat. Kalau provinsi tidak ada masalah,” kata Irfan usai menerima paparan tersebut.

Sebagai contoh, kata Irfan, masalah pembebasan lahan terjadi di seksi pertama jalan tol Cisumdawu, tepatnya di daerah Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Oleh karena itu, Irfan meminta satuan kerja pembebasan lahan pembangunan jalan tol Cisumdawu agar melakukan akselerasi, salah satunya dengan menyurati gubernur Jabar untuk meminta kejelasan lahan yang akan digunakan.

“Buat surat ke gubernur dan tembusan ke DPRD, tentang kejelasan lahan pemprov yang di Jatinangor. Kalau itu sudah jelas, maka mereka bisa pakai,” katanya.

Selain itu, lanjut Irfan, terdapat juga permasalahan pada pembebasan di luar tanah milik pemerintah. “Dan ini harus bisa dicarikan solusinya, agar jalan tol ini bisa segera beroperasi, sinkron dengan siap ‘on air’-nya pesawat di (BIJB) Kertajati,” kata Irfan seraya pihaknya akan terus mendorong pemerintah pusat agar segera menuntaskan pembebasan lahan tersebut. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan