DPRD Jabar Sambut Baik Pembentukan Formas

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat menilai salah satu kelebihan etnis Sunda yang merantau atau berada di luar Provinsi Jawa Barat adalah memiliki jiwa solidaritas yang tinggi.
Ketua Komisi III DPRD Jawa Barat Didin Supriadin mengatakan,”Harus kita akui bahwa jiwa solidaritas orang sunda itu tinggi. Ini bisa dilihat dari banyaknya perkumpulan warga sunda yang merantau, ada forum, paguyuban dan lain-lain, katanya kepada wartawan di Bandung, Selasa (17/2).

Menurutnya walaupun selama ini banyak perkumpulan etnis Sunda di luar Jabar namun keberadaannya masih terpecah-pecah.

“Makanya saya menyambut baik pembentukan Forum Komunikasi Masyarakat Pangumbaran atau Formas yang kemarin terbentuk di Bali,”ujar legislator dari Partai Demokrat ini.

Formas tersebut, lanjut Didin, diharapkan menjadi semacam alat pemersatu forum atau paguyuban etnis Sunda di Indonesia. Sementara itu, terkait rencana Pemprov Jawa Barat yang akan melakukan penyisiran etnis Sunda di luar Jabar dirinya menyambut baik hal tersebut.

Ditambahkan Didin, kalau untuk hal yang positif tentunya kami menyambut baik,akan tetapi, untuk menyisir database warga Jabar di luar daerah bukanlah hal yang mudah.

“Ini yang paling susah, karena walaupun sudah ada teknologi. Tapi tidak semua warga Jabar ‘kan melek teknologi,” katanya.

Dia mengatakan, dari hasil kunjungannya ke beberapa daerah di luar Jabar ternyata mayoritas etnis Sunda ingin ditengok oleh kepala daerahnya.

“Boleh saya ‘nengokin’ warganya di luar Jabar, tapi harus ingat, jangan sampai hal itu melupakan kewajiban utamanya di Jabar,” pungkas Didin. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan