Fungsi Legislatif & Kewajiban Reses Dibeberkan Arif Hamid Rahman

  • Bagikan

[lintasjabar tkp] Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Arif Hamid Rahman, SH membeberkan terkait tigas dan fungsi legislatif. Diantara tugas dan fungsinya antara lain menyerap, menghimpun, menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat. Sebagaimana halnya kewajiban legislator melaksanakan reses ke daerah pemilihannya.

Hal tersebut ia sampaikan saat menggelar Reses I tahun sidang 2020-2021 bersama Keluarga Alumni Pesantren Persatuan Islam (KAPPI) Bandung 1995 di Terusan Katamso, Jumat (13/11/2020).

Menurutnya, Indonesia merupakan salah satu negara demokrasi yang menerapkan teori trias politika, yaitu pemisahan kekuasaan pemerintahan menjadi tiga bidang yang memiliki kedudukan sejajar Pemisahan kekuasaan ini tidak bersifat kaku, namun ada koordinasi yang satu dengan yang lain.

Pemisahan kekuasan pemerintahan diIndonesia meliputi lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. di Indonesia, Legislatif yang bertugas membuat undang undang. Lembaga legislatif meliputi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), DPD, MPR. sedang Eksekutif yang bertugas menerapkan atau melaksanakan undang-undang.

Lembaga eksekutif meliputi presiden dan wakil presiden beserta menteri-menteri yang membantunya. Adapun Yudikatif yang bertugas mempertahankan pelaksanaan undang-undang. Lembaga yudikatif terdiri atas Mahkamah Agung (MA), Mahkamah Konstitusi (MK), dan Komisi Yudisial.

“DPR berkedudukan di tingkat pusat, sedangkan yang berada di tingkat provinsi disebut DPRD provinsi dan yang berada di kabupaten/kota disebut DPRD kabupaten/kota,” paparnya.

Reses, sambungnya, bagian dari media menjaring serta menyerap aspirasi yang berkembang di masyarakat. Baik keluhan, masukan, informasi atau apapun. Semua aspirasi, dikatakan Arif akan menjadi catatan penting para anggota dewan untuk kemudian disampaikan pada rapat paripurna.

Di akhir acara, anggota Komisi I ini lantas memberikan masker secara gratis kepada KAPPI’ Bandung 95 untuk kemudian dibagikan kepada lainnya. Tak ketinggalan Arif juga mewanti-wanti agar segenap anggota KAPPI tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (Ihsan/Adv)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan