Group Astra Ajak Wartawan Bandung Berbuka Puasa Bersama

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Dalam skala nasional, Group Astra telah menjalankan program Coorporate Social Responsibility (CSR) dalam 4 pilar, yaitu dalam dunia pendidikan, lingkungan, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) serta kesehatan. Hal itu dilakukan pihak Astra sejak 40 tahun yang lalu, dan dilakukan secara menyeluruh melalui tiga jalur yaitu Astra International sebagai perusahaan induk (holding company), anak-anak perusahaan dalam enam lini bisnis yang didukung oleh 199 perusahaan dan Sembilan yayasan.

astraDemikian tema dari beberapa agenda besar dalam memberikan konstribusi sosial Astra di tahun 2015 seperti dipaparkan Head of Public Relation PT Astra International Tbk, Yulian Warman, dalam acara buka bersama dan  silaturahmi bersama Wartawan BAndung di Hotel Hilton Bandung, Jumat (24/06/16).

“Di Jawa Barat, pada pilar pendidikan yang telah dilakukan ialah pemberian 6.519 paket beasiswa, pemberian 1.137 sekolah (hardware, brainware dan software) serta pembinaan 2.525 guru sekolah,” jelasnya.

Pembinaan sekolah juga, lanjutnya, dilakukan melalui Yayasan Pendidikan Astra Michael D Ruslim (YPA-MDR) di daerah pra sejahtera, delapan dari 50 sekolah yang dibangun YPA-MDR berada di Leiwiliang Kabupaten Bogor. Astra juga membangun enam Rumah Pintar (Rumpin) di Jawa Barat dari total 20 rumpin yang tersebar di Indonesia. Selain itu pada pilar lingkungan, Astra telah 662.244 pohon dan 14.700 pohon baku. Beberapa lokasinya ialah Taman Nasional Gunung  Salak Kabupaten Sukabumi, Dusun Saronggge dan Tunggilis  Kabupaten Cianjur serta Babakan Madang Sentul Kabupaten Bogor.

Tidak hanya itu Astra telah membina 146 kelompok UKM dengan jumlah masyarakat penerima program sebanyak 14.178 orang melalui Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) yang secara Nasional telah membina 8.916 UKM.

Bahkan dalam pilar keempat Astra telah berhasil mengumpulkan sebanyak 16.182 kantung darah, melayani 28.180 pasien pelayanan kesehatan gratis melalui mobil kesehatan Astra (Mokesa) dan pembinaan 186 posyandu.

Sementara itu, Kordinator Group Astra Wilayah Bandung, Risila Olii mengaku sangat senang atas agenda rutin tahunan yang kerap digelar Astra bersama awak media di Bandung. Menurut Risilia, agenda ini pun sebagai bentuk apresiasi Astra kepada para wartawan, karena Astra International tidak akan maju dan sebesar ini tanpa dukungan teman-teman wartawan.

Ditambahkan Rosilia, pihak Astra juga memberikan apresiasi kepada masyarakat dan jurnalis yang telah menunjukan kecintaannya kepada alam Indonesia melalu gambar yang diabadikan melalui bidikan kamera dalam ajang Lomba Foto Astra. Juga membangun kepedulian sesama terhadap keselamatan di jalan raya, Astra mengajak seluruh masyarakat melalui dua program, yaitu Astra Road Safety Video Competition dan Astra Road Safety Community Challenge Program.

New ImageDihadapan puluhan media massa baik elektronik maupun cetak, diterangkan Rosilia, perusahaannya sudah menyiapkan sekitar 20 ribu unit Agya untuk  dipasarkan perdana di seluruh Indonesia. Dan khusus untuk  Jawa Barat, telah disiapkan sekitar  2 ribu.

“Penjualan perdana Agya, model city-car produk Toyota, akan dilakukan selepas Lebaran. Minggu ketiga Agustus kemungkinannya,” pungkas Rosilia (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan