Gubernur Berikan Penghargaan Ketahanan Pangan

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memberikan penghargaan kepada 76 orang yang berjasa dalam mendukung program Ketahanan Pangan dan Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional. Penghargaan diberikan langsung Gubernur Jawa Barat di Gedung Negara Pakuan Jl Oto Iskandar No.1 Kota Bandung, Kamis (9/12).

Menurut Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Wawan Ridwan dalam laporannya kepada Gubernur, penerima penghargaan dibagi dalam 2 kategori besar, yakni; 58 orang untuk penghargaan ketahanan pangan dan 18 orang untuk P2BN tingkat Nasional. Hadir dalam acara penghargaan sekaligus silaturahim itu, sejumlah kepala daerah, antara lain; Bupati Bandung Barat, Bupati Ciamis, Bupati Garut, Bupati Majalengka, Bupati Purwakarta, Bupati Sukabumi dan Walikota Sukabumi.

Gubernur Jawa Barat menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras dan prestasi yang diukir para Kepala Daerah, Kepala Desa, Kelompok Tani, Lembaga atau Institusi, petugas penyuluh lapangan, pelaku bisnis dan perorangan yang secara konsisten melakukan upaya membangun ketahanan pangan di Jawa Barat. Sehingga secara umum Provinsi Jawa Barat berhasil mengukir prestasi sebagai kawasan yang berhasil meningkatkan produksi beras di atas rata-rata nasional.

“Kerja keras semua pihak menjadikan Jawa Barat sebagai lumbung beras nasional sekaligus produsen tertinggi nasional. Semua itu harus dipertahankan secara berkelanjutan,” tegas Heryawan di hadapan penerima penghargaan.

Lebih lanjut Heryawan meminta kepada semua pihak untuk lebih inovatif dalam rangka mendukung program ketahanan pangan. Dengan sejumlah penghargaan yang diterima, baik tingkat nasional maupun tingkat provinsi semakin mendorong peningkatan produksi dan ketahanan pangan di Provinsi Jawa Barat.

Dalam rangka itu maka sudah seharusnya semua pihak mengupayakan sejumlah terobosan yang mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya alam yang melimpah di Jawa Barat. Karena dengan potensi yang melimpah itu, sejatinya menjadikan Jawa Barat sebagai Lumbung Pangan Nasional. Tentunya untuk meraih itu harus didukung semua pihak terkait. “Masyarakat Jawa Barat haruslah menjadi pelopor ketersediaan pangan nasional,”ujarnya.

Para penerima penghargaan diputuskan berdasarkan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor : 002/Kep.1448-BKD/2010 tentang Pemberian Penghargaan dalam rangka Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-30 Tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2010. Diantaranya adalah kategori penghargaan untuk aparat pemerintahan Kabupaten/Kota yang berprestasi dalam mewujudkan ketahanan pangan di wilayahnya diberikan kepada 4 kepala daerah, yakni; Bupati Indramayu, Walikota Bandung, Walikota Cimahi dan Bupati Ciamis. Penghargaan serupa juga diberikan kepada 4 kepala desa (Kades), yakni; Kades Sukamukti-Pamarican Kapubaten Ciamis, Kades Cimahi-Cimahi-Kabupaten Kuningan, Kades Cinangerang-Pamulihan-Kabupaten Sumedang dan Kades Sukamulih-Sariwangi-Kabupaten Tasikmalaya. (Dih)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan