Gubernur: Pendidikan Salah Satu Indikator IPM

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta semua pihak mendorong minat baca karena berimplikasi pada peningkatan kualitas sumberdaya manusia (SDM).

Penanganan SDM harus dimulai dengan meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus memberikan bekal keahlian profesional di bidangnya kata Heryawan di Mall Festival Citylink, Jalan Peta, Kota Bandung.

Lebih lanjut dikatakannya,Jawa Barat dikaruniai jumlah penduduk terbesar di Indonesia sehingga fokus pembangunan diarahkan pada akselerasi pembangunan SDM. Nah salah satunya dengan mendorong minat membaca di tengah masyarakat Jawa Barat.

Heryawan menegaskan, pemangku kepentingan dituntut untuk terus mencurahkan perhatian terhadap pembangunan bidang pendidikan. Selain didasari peran strategis pendidikan sebagai salah satu indikator komposit Indeks Pembangunan Manusia (IPM), juga kesadaran akan pentingnya pendidikan sebagai pilar utama peningkatan kualitas SDM, sekaligus lokomotif pembangunan.

SDM Jawa Barat bukan menjadi beban, tetapi harus dikelola secara baik. Misalnya dengan meningkatkan kualitas dan profesionalitas SDM sehingga kemampuan dan keahliannhya dapat mengakselerasi proses pembangunan Jawa Barat. “Membaca merupakan bagian penting dalam proses peningkatan kualitas SDM tersebut,” tegasnya.

Menurut Heryawan, seluruh sarana dan prasarana penunjang pendidikan harus tersedia dengan baik, diantaranya ketersediaan buku yang mampu membawa manusia pada peradaban, cakrawala, ide, gagasan, dan pencerahan lainnya.

“Arti penting sebuah buku diakui kaum terdahulu, bahkan yang hidup jauh sebelum kita. Terbukti dari sejarah yang menunjukkan keberadaan buku, meskipun dalam bentuk yang berbeda dengan buku yang kita kenal sekarang,” terangnya. (Di/Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan