Heryawan Terima Penghargaan Ksatria Bakti Husada Kartika

  • Bagikan

JAKARTA (Lintasjabar.com),- Gubernur Ahmad Heryawan menyatakan berbahagia mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat ini.Pihaknya berharap dengan diterimanya penghargaan ini dapat lebih memacu kemajuan pelayanan bidang kesehatan di Jawa Barat. Apresiasi tersebut merupakan wujud pengakuan sekaligus prestasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam memajukan bidang kesehatan. “Sebuah prestasi yang harus terus dipertahankan bahkan didorong lebih baik lagi demi kesejahteraan masyarakat luas,” tegasnya.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menganugerahkan penghargaan Ksatria Bakti Husada Kartika kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dinilai berjasa luar biasa dalam menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat. Selain itu berbagai program terobosan dan kegiatan inovatif bidang kesehatan menjadi penilaian penting dalam pemberian penghargaan tersebut.

Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menyerahkan penghargaan itu kepada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Auditorium Gedung Baru Kementerian Kesehatan Jln. H.R. Rasuna Said, Kuningan Jakarta Selatan, Jumat (12/11) malam. Penganugerahan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Menkes RI No: 1616/Menkes/SK/XI/2010 tertanggal 12 November 2010. Penyerahan itu dilaksanakan pada Malam Penganugerahan Penghargaan Bidang Kesehatan 2010.

Menurut Menkes, banyak program yang sudah digulirkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka memajukan kulitas kesehatan masyarakat. “Sehingga wajar bila Pemprov Jabar dinilai berjasa luar biasa dalam bidang kesehatan,” ujarnya. Selain  itu inovasi dalam kebijakan dan program kesehatan itu di antaranya Pemprov Jabar akan membangun 200 puskesmas PONED/ rawat inap, KTP berasuransi dan menyekolahkan 1.000 bidan desa.

Selain itu lanjut Menkes dari sisi alokasi anggaran, Pemprov Jabar dinilai sangat berpihak pada bidang kesehatan di mana terjadi peningkatan alokasi anggaran kesehatan yg signifikan. Tahun 2010 alokasi anggaran sebesar 5 persen dari APBD Jabar dan tahun 2011 meningkat menjadi 7,5 persen. “Diharapkan tahun 2012 anggarannya digenjot menjadi 10 persen,” katanya.

Usai menerima penghargaan, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan bidang kesehatan yang diberikan pemerintah. “Penghargaan ini merupakan wujud pengakuan atas keberpihakan pemerintah provinsi jabar terhadap bidang kesehatan,” katanya. Dengan diraihnya penghargaan ini, tambahnya, diharapkan dapat lebih memacu kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. (San/Dudi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan