Implementasi MBKM Internasional, Mahasiswa USB Selesai Ikuti Summer Semester

BANDUNG, LINTAS JABAR – Mahasiswa Universitas Sangga Buana (USB) kini telah selesai mengikuti program Summer Semester di Rajamangala University of Technology Krungthep, Thailand.

Keikutsertaan mereka dalam program ini bukan hanya sebagai wujud kerjasama lintas negara, tetapi juga implementasi nyata dari konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dicanangkan oleh pemerintah Indonesia.

Dalam program Summer Semester ini mahasiswa aktif terlibat dalam serangkaian mata kuliah. Mereka juga terlibat dalam diskusi interaktif, case studies, dan kegiatan pembelajaran praktis yang mengasah keterampilan mereka di luar teori yang dipelajari di kelas.

Rektor USB YPKP Bandung, Dr. H. Didin Saepudin, SE., M.Si, mengungkapkan bahwa komitmen Universitas Sangga Buana dalam meningkatkan kerjasama internasional yang berkelanjutan dan memiliki impact kepada Peningkatan Kualitas Lulusan.

“Kami berharap bahwa ke depannya, kita dapat terus memperkuat kerjasama ini dan menjalin kolaborasi yang lebih luas, baik dalam hal pendidikan, penelitian, maupun pertukaran budaya,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Rektor III USB YPKP, Dr. Nurhaeni Sikki, S.A.P., M.A.P, menekankan nilai tambah dari pengalaman ini.

“Pengalaman akademis dan budaya yang diperoleh mahasiswa tidak hanya memperkaya kualitas pendidikan mereka, tetapi juga mengembangkan sikap inklusif dan pemahaman lintas budaya yang sangat penting di era keterbukaan informasi saat ini,” katanya, Sabtu, 6 Januari 2024.

“Pengalaman ini tidak hanya sebatas aspek akademis, namun juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk terlibat dalam kegiatan sosial, budaya, dan mengembangkan jejaring lintas budaya yang berharga untuk masa depan mereka,” imbuhnya.

Sedangkan Dosen Universitas Sangga Buana yang ditugaskan sebagai foster parent selama Program Summer Semester, Adriansyah Eka Putera, mengatakan selain berkesempatanbelajar ke luar negeri, mahasiswa juga bisa mengenal kebudayaan baru.

“Partisipasi mahasiswa dalam program ini memberikan mereka kesempatan untuk belajar di luar negeri sambil menggali dan memahami budaya baru, sejalan dengan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” katanya.

Sementara Elsa Wati Y Pandeangan, salah satu mahasiswa Prodi S1 Manajemen USB-YPKP yang ikut program ini mengungkapkan, bahwa acara tersebut bisa memberikan pemahaman untuk menghargai keanekaragaman budaya.

“Culture exchange menjadi inti dari pengalaman ini, memungkinkan saya untuk lebih memahami dan menghargai keanekaragaman budaya serta nilai-nilai yang dianut oleh teman-teman sekelas saya. Summer Semester di Thailand bukan hanya sebuah periode akademis, tetapi juga sebuah petualangan penuh warna yang mengubah perspektif saya tentang dunia,” katanya.

Perlu diketahui bahwa sebanyak 16 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi ikut serta dalam program Summer Semester ini, Universitas Sangga Buana sebagai koordinator perguruan tinggi program Summer Semester mengirimkan 4 orang mahasiswa dan 1 orang dosen sebagai foster parent yang mendampingi seluruh peserta program Summer Semester.

Kegiatan ini berlangsung selama satu bulan, diharapkan pengalaman ini akan menjadi landasan kuat bagi mahasiswa untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan akademis yang diperoleh ke dalam perjalanan pendidikan mereka, sesuai dengan semangat Merdeka Belajar Kampus Merdeka. (*)