Pelatih Korea Tangani 9 Cabor Prioritas Jabar

  • Bagikan

BANDUNG (lintasjabar.com),- Rencana kerjasama antara pemerintah provinsi Jawa Barat dan provinsi Gyeongsang Buk-do di bidang keolahragaan dimulai. Naskah kerjasama ‘Memorandum of Understanding (MoU)’ ditandatangani kedua belah pihak di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran Bandung, Senin (23/5).

 

Naskah MoU ditandangani oleh Ketua KONI Jabar Azis Syarief dan Ketua Komite Olahraga Gyeongsang Buk-Do Choi Oek-man.

 

Kerjasama dilakukan dalam hal pertukaran pelatih-atlet. Pihak Gyeongsang Buk-Do mengirimkan pelatihnya untuk menangani atlet-atlet Jabar selama satu tahun. Sementara itu, Jabar mengirimkan atletnya untuk berlatih di Gyeongsang Buk-Do Korea selama enam bulan.

 

“Kami dan Jabar memiliki komitmen dan visi yang sama dalam pembinaan atlet. Untuk saat ini kita kirim pelatih dari sembilan cabang olahraga,” ujar Ketua Komite Olahraga Gyeongsang Buk-Do Choi Oek-man saat di temui lintasjabar.com, usai acara penandatanganan MoU di Gedung KONI Jabar.

 

Ke-9 cabang olahraga yang akan mendapatkan suntikan pelatih dari Gyeongsang Buk-Do Korea yakni cabor senam, gulat, panahan, atletik, taekwondo, anggar, judo, gulat, dan tinju.

 

Selain ke-9 cabor tersebut, dua cabor lain pun disiapkan untuk mendapatkan pelatih asal Negeri Ginseng tersebut. Yakni, cabor sepatu roda dan bowling.

 

“Kerjasama dilakukan dalam waktu yang panjang dan cabang olahraganya pun disiapkan sesuai kebutuhan,” tambah Choi.

 

Sementara itu, pihak KONI Jabar melihat kerjasama yang dilakukan memberikan keuntungan tersendiri. Dalam waktu jangka pendek, kerjasama dilakukan untuk persiapan tim Jabar menghadapi PON XVIII/2012 di Provinsi Riau. Dan untuk jangka panjang ditujukan untuk persiapan Jabar sebagai tuan rumah PON XIX/2016 di Jawa Barat.

 

“Kita akan menggandeng Korea khususnya provinsi Gyeongsang Buk-Do sebagai mitra pelaksanaan even PON 2016 mendatang di Jabar,” terang Azis.

Kerjasama antara Jabar-Gyeongsang Buk-Do menjadi kerjasama pertama yang dilakukan antar provinsi lintas negara di Indonesia. Pihak Gyeongsang Buk-Do telah memiliki hubungan baik dengan Jawa Barat dalam hal pembinaan olahraga.

 

Sebelumnya beberapa cabang olahraga seperti Taekwondo dan Gulat kerap melakukan latihan di provinsi Gyeongsang Buk-Do. Hal ini kemudian dilanjutkan dengan pertemuan antara pemerintah dan pengurus KONI Jabar dengan pemerintahan Gyeongsang Buk-Do dan Komite Olahraganya.

 

Usai penandatanganan MoU, rombongan Gyeongsang Buk-Do meninjau beberapa fasilitas olahraga yang berada di kompleks olahraga Pajajaran Bandung. Dilanjutkan pertemuan dengan pihak pemkot Bandung di pendopo Balai Kota Bandung.

 

Rencananya, rombongan Gyeongsang Buk-Do akan melakukan peninjauan ke Pusat Pelatihan Latihan Pelajar (PPLP) Jabar di Jalan Aceh Kota Bandung, Selasa (24/5). Usai itu, mereka bertemu dengan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan di Gedung Pakuan, Jalan Otista Bandung. (gemp)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan