Ketua DPRD Jabar: Mari Jaga dan Tingkatkan Kesejahteraan Buruh Indonesia

  • Bagikan

BANDUNG, LJ – Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, mengapresiasi langkah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar yang menggelar Demo Creation of Labour (DCL) memperingati Hari Buruh (May Day) 2019 yang diperingati setiap 1 Mei.

“Kami apresiasi Pemprov Jabar yang telah menggagas acara khusus untuk teman-teman buruh terkait Peringatan May Day tahun ini,” kata Ineu Purwadewi, di Bandung, Kamis (2/5/2019).

Menurutnya momentum Hari Buruh Internasional, yang diperingati setiap 1 mei menjadi ajang bagi buruh untuk menjaga kekompakan dan menyampaikan berbagai aspirasinya.

“Mari kita jaga dan terus tingkatkan kesejahteraan buruh Indonesia, khususnya Buruh Jawa Barat, dan semoga di hari Buruh ini akan menjadikan kekompakan Buruh Jabar untuk bersama bergotong royong membangun negeri,” ujarnya.

Dikatakannya acara DCL bisa menjadi wadah bagi buruh untuk mengutarakan berbagai pendapat mereka kepada pihak-pihak terkait agar kesejahteraan buruh di Jabar semakin baik dan terjamin.

“Kegiatan ini berbeda dan bagus, bisa jadi ajang silaturahmi juga antar sesama buruh. Dan juga ajang untuk menyampaikan unek-uneknya kepada pihak terkait,” terangnya.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil membuka  kegiatan Demo Creation Of Labour (DCL) di halaman Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  (Disnakertrans) Jawa Barat jalan Sukarno-Hatta no 532 ( pada “May Day” kemarin, Rabu 1 Mei 2019. Biasanya, peringatan hari buruh itu diisi dengan orasi-orasi dari perwakilan organisasi buruh.

Tidak demikian halnya pagi itu, pelataran kantor Disnakertrans Jawa Barat diramaikan dengan berbagai kegiatan kreatif yang digelar oleh para pekerja. Kegiatan yang menggulirkan kreativitas para pekerja ini diberi nama Demo Creation Of Labour (DCL).

Sementara itu  Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Barat, Ade Afriandi.

“Selama ini stigma May Day selalu negatif karena identik dengan demo buruh, karena itu kami merancang sebuah ajang kolaborasi antara pengusaha, pekerja, dan pemerintah guna menyalurkan semangat peringatan Hari Buruh kepada hal-hal yang positif dan bermanfaat,” jelasnya.

Perayaan yang bertema “May Day is a Creative Day, Together We Grow” ini merupakan konsep kegiatan perayaan bersama yang berkelanjutan dan dikemas bersama dari pekerja, oleh pekerja, untuk pekerja  guna mewujudkan Buruh Juara, Migran Juara, Milenial Juara dan Pengusaha Juara menuju Jabar Juara Lahir Batin. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan