Ketua DPRD Jabar Mengukuhkan Kaukus Perempuan Parlemen Jawa Barat

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Keberhasilan DPRD Provinsi Jawa Barat dalam meningkatkan prestasi dan kinerjanya,  diantaranya penyusunan APBD TA 2011 yang tepat waktu serta  peningkatan kinerja BUMD tidak terlepas dari  dukungan 25 orang Anggota Perempuan DPRD Provinsi Jawa Barat yang selama ini telah banyak memberikan kontribusi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi kedewanan.

Demikian diikemukakan oleh Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ir. Irfan Suryanagara pada acara Pengukuhan Kaukus Perempuan Parlemen  (KPP) Jawa Barat di Lobby Ruang Sidang DPRD (30/12).

Dalam sambutannya tersebut, Irfan menyambut baik keberadaan Kaukus Perempuan Parlemen yang menurutnya  akan menjadi lokomotif pergerakan pembangunan di Jawa Barat. Pihaknya  sangat mendukung apa yang akan dikerjakan oleh Kaukus Perempuan. Namun demikian Irfan pun mengingatkan bahwa keberadaan Kaukus Perempuan tentunya tidak boleh melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan dengan segala konsekuensi yang diembannya.

Pada acara Pengukuhan Kaukus Perempuan Parlemen Daerah Provinsi Jawa Barat tersebut, hadir pula  Ketua KPP-RI Andi Timo Pangerang yang dalam sambutannya mengatakan bahwa Kaukus Perempuan adalah wadah informal bagi perempuan parlemen untuk memberdayakan serta memaksimalkan keberadaan anggota  perempuan di parlemen.

Menurut Timo, Kaukus Perempuan berjejaring secara vertikal dengan KP-KP di provinsi dan kab/kota yang telah memiliki KP, serta secara horizontal dengan Pemprov, Pemkab/Pemkot sehingga dapat saling berbagi informasi terkait pembangunan sebagai mitra kerja.

Lebih lanjut Timo mengatakan bahwa KP diharapkan akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Indonesia, karena pihaknya memotivasi perempuan parlemen di tingkat provinsi serta kab/kota untuk juga membentuk KP.

Selanjutnya Timo mengharapkan agar 25 orang anggota KPP Jawa Barat nantinya dihargai oleh masyarakat Jawa Barat untuk menjadi articulator bagi kaum perempuan agar outputnya nanti terjadi peningkatan kualitas hidup perempuan di Jabar. Dan ini menurut Timo akan terlaksana bilamana KPP Jawa Barat di dukung oleh Pimpinan dan anggota DPRD serta oleh pemerintah setempat.

Pada kesempatan tersebut pula, Ketua KPP Provinsi Jawa Barat, Hj. Ganiwati, SH dalam sambutannya mengemukakan bahwa untuk mengatasi semua masalah terkait sasaran yang menjadi komitmen Pembangunan Milenium (MDG’s) yang harus dilakukan adalah bagaimana mengoptimalkan peranan perempuan dalam berbagai bidang kehidupan. Kemudian mempromosikan peningkatan dan pelaksanaan  kesetaraan gender secara konsisten dan konsekuen serta mengembangkan paradigma baru dalam rangka pembangunan manusia Indonesia serta meningkatkan anggaran yang dialokasikan untuk menunjang pelaksanaan pelayanan publik. Oleh karena itulah menurut Ganiwati dibutuhkan kemitraan yang kuat untuk bersama-sama menangani masalah tersebut.

Kaukus Perempuan Parlemen Daerah Provinsi Jawa Barat sendiri beranggotakan 25 orang diketuai oleh Hj. Ganiwati, SH, Wakil Ketua Ineu Purwadewi Sundari, S.Sos dan Hj. Iemas Masyitoh, SH, MH serta Sekretaris Hj. Diah Nurwitasari, Dipl. Ing. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan