Komisi V DPRD Jabar: Jawa Barat Minim Alat Pendeteksi Bencana

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Jawa Barat merupakan provinsi dengan tingkat kerawanan bencana paling tinggi. Hampir seluruh wilayah di provinsi terpadat penduduk itu rawan akan bencana.Sayangnya, hal tersebut tidak ditunjang dengan alat pendeteksi bencana yang memadai.

Anggota Komisi V DPRD Jabar, dr Ikhwan Fauzi mengatakan dalam mengantisipasi bencana ini seluruh elemen masyarakat harus saling bersinergi menginggat hal ini dinilainya penting lantaran alat pendeteksi bencana yang dimiliki Jabar masih minim.

Menurutnya, minimnya alat pendeteksi bencana yang dimiliki Jabar membuat seluruh pihak harus bekerja keras mengantisipasi bencana. Selain itu, sambungnya, memasuki musim penghujan saat ini seluruh wilayah Jabar rawan bencana.

“Banyak wilayah rawan longsor. Oleh sebab itu, seluruh pihak terkait di kabupaten/kota maupun provinsi harus berkoordinasi agar bencana yang terjadi bisa diantisipasi dengan baik,” ujarnya ,kata politisi senior PDIP ini kepada wartawan di Bandung, Selasa (16/12).

Antisipasi yang baik ini, terangnya harus dilakukan mulai dari tingkat bawah. ini sebagai pengawasan, baiknya dari (tingkat) lurah, camat, dan seterusnya. Agar mampu mendeteksi dini, agar penanggulangan bencana pun lebih cepat dan tidak banyak korban.(Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan