KORPRI Harus Lebih Meningkatkan Pengabdian Aparat Birokrasinya

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf pada acara pengukuhan Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Jawa Barat, di Aula barat Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (4/11) menegaskan birokrasi memiliki peran yang strategis untuk menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan. Namun demikian, dirinya menilai ironis, sebab dikatakannya hingga saat ini masih seringkali mendengar berbagai predikat negatif yang ditujukan terhadap birokrasi pemerintah dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintahan.

Reformasi Birokrasi hanya akan berhasil jika segenap aparatur birokrasi memiliki komitmen yang nyata untuk merubah perilaku dan budaya demokrasi yang ditunjang oleh penataan sistem manajemen kinerja. Perubahan perilaku dan budaya demokrasi tentunya harus berjalan secara sinergis, mengingat penataan sistem tidak akan berjalan optimal tanpa adanya perubahan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak ke arah yang lebih produktif, efisien dan efektif aparat birokrasi. Lebih lanjut, terangnya, KORPRI sejatinya merupakan wadah pembinaan dan tempat bernaungnya para pegawai negeri sipil selaku penggerak roda pemerintahan nasional dan daerah.

“Mulai dari rendahnya kinerja yang diukur lambatnya pelayanan kepada masyarakat, stigma penyakit birokrasi yang kental dengan KKN, hingga perilaku kerja yang kurang mencerminkan prinsip profesionalisme, efisien dan transparan. KORPRI harus lebih meningkatkan pengabdian aparat birokrasinya dalam rangka menyukseskan pelaksanaan pembangunan. KORPRI diharapkan dapat menunjukkan dirinya, sebagai suatu organisasi kaum expert (tim ahli), partner eksekutif, institusi pencerahan dan pencerdasan bagi anggota atau aparatur negara, alam menunjuang keberhasilan berbagai program pembangunan nasional, termasuk Jabar didalamnya,” ujarnya.

Sementara Wakil Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Nasional, Eko Sutrisno, mengukuhkan Dewan Pengurus KORPRI Provinsi Jabar periode 2010-2015. Pengukuhan tersebut berdasarkan dengan keputusan DPN KORPRI Nomor : KEP-59/KU/XI/2010, per tanggal 1 Nov 2010, dengan susunannya, Lex Laksamana sebagai Ketua, Endin Nasrudin menjabat Wakil Ketua I, Daud Achmad sebagai Wakil Ketua II,dan M. Guntoro menjabat Wakil Ketua III.

Dengan dikukuhkannya dewan pengurus periode 2010-2015, kata Eko, diharapkan anggota KORPRI agar selalu memberika pelayanan publik yang makin murah, makin cepat, serta menciptakan tata pemerintahan yang baik dan melanjutkan upaya pemberantasan korupsi. (Dudi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan