Monitoring Komisi I Pada Pembangunan BIJB

  • Bagikan

MAJALENGKA, LJ – Dalam peninjauan dan monitoring Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat ke kantor ATR/BPN Kabupaten Majalengka serta ke BIJB Kertajati selama dua hari sejak pada tanggal 10 – 11 April 2018 terungkap bahwa Bandara Internasional Jawa Barat atau BIJB yang saat ini sedang digenjot pembangunannya dan sudah mencapai progress 90 persen serta diharapkan dapat dipergunakan sebagai embarkasi haji Jawa Barat tahun 2018 ini ternyata masih menyisakan masalah terkait pembebasan lahan di areal BIJB.

Pimpinan rombongan Komisi I, M. Iqbal mengatakan bahwa ada temuan dari hasil pemeriksaan BPK terkait pengadaan lahan untuk Pembangunan BIJB. Hasil pemeriksaan BPK RI yang lalu ternyata ditemukan adanya selisih lebih bayar terkait pengadaan lahan, dikarenakan adanya lahan PSDA yang terjual oleh masyarakat.

Ditegaskannya, menindaklajuti hasil temuan tersebut Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat tanggap langsung dengan mendatangi ATR/BPN Kabupaten Majalengka untuk berkoordinasi perihal temuan tersebut.

Iqbal pun mengharapkan ATR/BPN  Kabupaten Majalengka dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Jawa Barat untuk segera melakukan pengukuran ulang.

“Mengenai anggaran untuk pengukuran dan sertifikasi lahan ternyata BPKAD Provinsi Jawa Barat telah menganggarkan sebesar 2 milyar,” ungkapnya.

Disinggung dengan anggaran pengukuran dan sertifikasi untuk lahan BIJB, Kepala ATR/BPN  Kabupaten Majalengka Dady Purwadi menyatakan bahwa anggaran 2 milyar lebih dari cukup.

“Untuk biaya pengukuran dan pengurusan sertifikat areal bandara ada rumusnya, tapi saya nyatakan bahwa angka 2 milyar lebih dari cukup,” katanya.

Adapun masalah penamaan bandara, Iqbal yang merupakan asli putera Majalengka mengatakan akan lebih baik apabila nama Bandara itu adalah Bandara KH. Abdul Halim yang merupakan pahlawan nasional asal Majalengka.

“Sesuai harapan gubernur untuk penamaan nama bandara agar disesuaikan dengan nama pahlawan Nasional asal daerah tersebut,” ujarnya.(Herdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan