Netty Heryawan Resmikan Perpustakaan Kerajinan Jawa Barat

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat Netty Prasetiyani Heryawan meluncurkan Perpustakaan Kerajinan Jawa Barat di Gedung Jawa Barat Craft Center (JBCC), Jalan Ir. H. Juanda 19, Dago Bandung, Jumat (22/10). Dengan telah tersedianya fasilitas perpustakaan, diharapkan publik, khususnya para pengrajin dapat lebih mengenal seluk beluk kerajinan yang disajikan dari berbagai rujukan maupun literatur. Ke depan, Perpustakan Kerajinan Jawa Barat kelak menjadi rujukan informasi para pengrajin di seluruh Jawa Barat.

“Gedung Dekranasda atau Gedung Jawa Barat Craft Center harus mampu menghadirkan beragam informasi seputar kerajinan di Jawa Barat. Sebagai rumah pengrajin dan publik, berfungsi memberikan pengetahuan seputar kerajinan Jawa Barat. Sehingga sudah selayaknya memiliki perpustakaan sendiri. Dengan koleksi tentang kerajinan, seni budaya, bisnis, manajemen usaha, literasi dalam bentuk buku maupun digital, perpustakaan ini diharapkan menjadi referensi bagi para pegiat di dalamnya,” tegas Netty.

Menurut Netty, perpustakaan adalah tempat di mana disajikan banyak informasi yang diolah dan dikelola secara profesional. Informasi yang ada seputar kerajinan, bukan sekadar dikumpulkan untuk dijadikan arsip atau koleksi, tapi juga disampaikan kepada masyarakat luas. Terlebih, jika informasi tersebut merupakan aset atau pengetahuan yang berharga untuk disebarluaskan atau diberdayakan menjadi banyak kegiatan positif yang produktif. Sudah tentu, hadirnya perpustakaan ini, diharapkan agar kekayaan seni dan budaya Jawa Barat menjadi lestari, berkembang, dan semakin dikenal masyarakat.

Latar belakang berdirinya Perpustakaan Kerajinan Jawa Barat atau disingkat Pekerja adalah sebagai upaya melestarikan dan mempromosikan aneka kekayaan kerajinan Jawa Barat. Proses pendiriannya pun melalui tahapan pelatihan perpustakaan, penyediaan tenaga pustakawan, pengadaan media informasi koran dan majalah, pembenahan ruangan, hingga pengadaan koleksi. Ke depan Pekerja dapat menjadi perpustakaan khusus yang tepercaya dan dapat diandalkan sebagai pusat informasi dan referensi aneka kerajinan Jawa Barat. (Rendy)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan