Pangdam III/Siliwangi Lanjutkan Citarum Harum Juga Mimpikan Lingkungan Bersih

  • Bagikan

KAB. BANDUNG, LJ – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan bersama Sekretaris Jenderal (Sesjen) Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas), Mayjen TNI Doni Monardo kunjungi Situ Cisanti di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung, Minggu (25/3).

Kepada awak media, Pangdam III/Siliwangi yang baru di awal masa jabatannya setelah dilaksanakan serah terima dihadapan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono di Jakarta. Terkait dengan Citarum Pangdam III/Siliwangi mengatakan, kegiatan program Citarum yang sudah ditayangkan oleh Presiden RI melalui Pangdam III/Siliwangi ini tetap lanjut dan berkelanjutan.

“Apa yang sudah dilakukan saat ini sudah bagus dengan penyertaan peran serta seluruh lapisan masyarakat maupun instansi yang memiliki kontribusi terkait masalah lingkungan,” ujarnya.

Selain itu, ditegaskannya, terkait masalah air dan peran serta masyarakat serta perguruan tinggi semuanya sudah bahu membahu dengan satu kekuatan dengan tekad impian kita kedepan menciptakan wilayah lingkungan yang bersih, tertib dan ramah.

Selanjutnya Pangdam juga menyampaikan filosopi menanam adalah mari menanam satu untuk semua, ini sama hal dengan saat ini apa yang sudah ditanam banyak adalah investasi untuk generasi 1, 2 dan 3 generasi ke depan. Konsep-konsep yang sudah dilakukan sudah berjalan dengan baik melalui pembersihan sampah, kesadaran masyarakat buang sampah sudah bagus langkah selanjutnya bagaimana menetralisir air akibat dampak dari bahan atau limbah kimia.

“Dengan adanya Keppres No. 15 Tahun 2018 yang sudah diturunkan memberikan satu dasar hukum terutama bagi para pelaku-pelaku industri yang ada di sepanjang Sungai Citarum untuk mempertanggung jawabkan limbah dari hasil industrinya terkait limbah yang dibuang sembarangan, apakah limbah itu belum mencapai titik baku kelayakan,” tuturnya.

Kegiatan selanjutnya Pangdam III/Siliwangi, Danrem 063/TN dan Bupati Kabupaten Bandung menabur 1 kwintal benih ikan mas, ikan nila dan ikan mujair ke perairan Situ Cisanti kemudian dilanjutkan dengan meninjau lokasi pembibitan pohon. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan