Panglima TNI Hadiri Karya Bakti Dan Bakti Sosial di Bantaran Citarum

  • Bagikan

KAB. BANDUNG, LJ – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P, menghadiri acara Karya Bakti dan Bakti TNI di Bantaran Sungai Citarum wilayah Sektor 7 Satgas Citarum Harum di Desa Sukamukti Kecamatan Ketapang Kab. Bandung, Sabtu (21/9).

Tampak Panglima TNI bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di acara Karya Bakti dan Bakti TNI di Bantaran Sungai Citarum wilayah Sektor 7

Kegiatan karya bakti dan bakti sosial ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-74 tahun 2019. Sedangkan kegiatan yang dilaksanakan diantaranya, pembangunan Rutilahu sebanyak 20 unit rumah, jambanisasi 10 unit, operasi katarak 83 orang, operasi bibir sumbing 13 orang, pelayanan kesehatan 1.200 orang, pemasangan kaki palsu 50 orang, pemasangan kaca mata 200 pasang, pasang alat bantu dengan 35 orang, donasi kursi roda 50 orang, pelayanan gigi 100 orang, pelayanan umum 1.200 orang, sosialisasi Prilaku Hidup Bersih dan sehat (PHBS) 300 orang, pembuatan sumur bor, pemberian sembako sebanyak 5.250 paket serta pemberian doorprize berupa sepeda, TV dan kulkas bagi yang beruntung.

Kedatangan Panglima TNI disambut dengan musik Arumba dari Yonaremd 5 dan sisingaan. Sebelum masuk area penjernih air, Panglima TNI terlebih dahulu menerima paparan dan penjelasan dari Dansektor 7 Satgas Citarum Harum Kolonel Kav Purwadi tentang sejarah singkat perjalanan Satgas Citarum Harum dan melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan.

Panglima TNI tengah melihat kondisi salah seorang yang memasang kaki palsu

Usai kegiatan tersebut, Panglima TNI meninjau pengolahan penjernihan dan pada kesempatan tersebut Panglima TNI meminum air hasil olahan Satgas Citarum Harum Sektor 7. Dilanjutkan meninjau lokasi rutilahu dan jambanisasi dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran, dilanjutkan ke lokasi bakti sosial (pelayanan kesehatan gratis).

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, bakti kesehatan ini tujuannya adalah dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74, nanti kita laksanakan secara terpusat di Jakarta di Lanud Halim Perdana Kesuma.

“Ini bagian pentahapan, kita tau bahwa TNI dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, oleh karena itu kita peka terhadap permasalahan-permasalahan dibawah terkait kesehatan, lingkungan hidup dan pendidikan oleh sebab itu kita turun kebawah permasalahan apa yang bisa kita bantu,” ucap Panglima TNI.

Berfoto bersama

Ia berharap mudah-mudahan apa yang dilakukan bisa diterima masyarakat dan kegiatan seperti ini dilaksanakan tidak hanya pada HUT TNI saja, tetapi di hari selain HUT TNI juga sudah banyak yang dilakukan.

Panglima menegaskan, kenapa acara dilangsungkan di area Citarum, hal itu ia tandaskan lebih karena kepedulian akan Citarum Haru.

“Sekarang Citarum menjadi sorotan, kemaren citarum kurang bagus tapi sekarang sudah bagus, bisa digunakan untuk rekreasi dan mempunyai nilai jual tinggi, ” pungkasnya. (Zaen)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan