Pegawai Pemkot Ikuti Diklat Teknologi Informasi Perkantoran

  • Bagikan

BANDUNG (LJ) – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial mengatakan,untuk meningkatkan kemampuan  pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Bandung menguasai komputer.Sedikitnya 151 PNS di Kota Bandung mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknologi Informasi Perkantoran di Institut Teknologi Bandung (ITB) selama 12 hari.

Dengan konsep desentralisasi, ada pelimpahan kewenangan dari pemerintah pusat kepada aparat kewilayahan, ke depan dimulai dari tingkat kelurahan menjadi pengguna anggaran. Oleh karena itu, saat ini kita sedang bersiap memperkuat kemampuan di kewilayahan dengan mengadakan pelatihan-pelatihan. Bahkan, tahun ini anggaran pembangunan di kewilayahan, kita naikkan 20 sampai 30 persen,tutur Oded M. Danial di kampus ITB, Jln. Ganesha kemarin.

Menurutnya , secara teoritis sedikitnya ada tiga fungsi utama yang harus dijalankan pemerintah tanpa memandang tingkatannya, yaitu fungsi pelayan masyarakat (public service function), fungsi pembangunan (development function), dan fungsi perlindungan (protection function). “Dengan adanya konsep desentralisasi, pelatihan ini intinya untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Kewilayahan diberi anggaran sehingga harus mampu membuat laporan pertanggungjawaban,” ujar Oded.

Sementara itu, Kepala Unit Sumber Daya Informasi Institut Teknologi Bandung, Basuki Suhardiman mengatakan, pelatihan yang diberikan di antaranya tentang aplikasi perkantoran yang menunjang tugas sehari-hari guna memberikan pelayanan pada masyarakat,katanya.

Lebih lanjut dikatakannya,termasuk untuk membuat pelaporan-pelaporan, menyusun pertanggungjawaban.Intinya mempercepat kinerja dengan mengembangkan kemampuan mereka, terutama aparatur kewilayahan,pungkas Basuki. (Herdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan