Pemkot Realisasikan Pembangunan Jalur khusus Sepeda

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Jumat (6/8), Pemkot Bandung  sudah membuat sampel jalur khusus sepeda, yaitu di ruas Jalan Aceh, tepatnya di dekat GOR Saparua dan Taman Maluku. Sejumlah pekerja dari Dinas Bina Marga dan Pengairan sedang melakukan pengecatan jalan yang diperuntukkan khusus bagi sepeda kata salah seorang pekerja.

Tentunya, dalam hal ini, Pemerintah Kota Bandung  merealisasikan pembangunan jalur khusus sepeda.  Pembangunan jalur khusus sepeda tersebut akan mulai dikerjakan Selasa(10/8). Selain di lokasi tersebut, jalur khusus sepeda yang akan dikerjakannya nanti yaitu mulai Balai Kota hingga Gedung Sate.

Guna rencana tersebut, Pemkot Bandung telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,3 miliar untuk pembuatan jalur khusus sepeda ini. Jalur khusus sepeda yang direncanakan Pemkot Bandung tidak akan membuat jalan baru. Jalur selebar 1,6 meter yang telah direncanakan sebelumnya adalah dengan memanfaatkan bahu jalan, trotoar juga saluran air.

Empat paket jalur sepeda yaitu Jln. Diponegoro – Simpang Dago, Jln. Sulanjana- Jln. Ganesha, jalur Jln. Dago (di depan kantor Dinas perkebunan Jabar) – Jln. Siliwangi dan jalur Balai Kota – Gedung Sate.

Wakil Walikota Bandung, Ayi Vivananda yang dikenal sebagai pencinta sepeda, pernah mengatakan, kegiatan bersepeda merupakan media untuk mengurangi tingkat pencemaran udara kota.

“Perkembangan komunitas sepeda harus kita apresiasi. Karena bagaimana pun, keberadaan mereka bisa menjadi salah satu jembatan memelihara kebersihan lingkungan, khususnya masalah udara,” tuturnya.

Dirinya menegaskan, Pemkot Bandung ini tidak hanya bicara, tapi juga memberi contoh. Bahkan setiap hari Jumat, dirinya selalu melakukan aksi bike to work alias menggunakan sepeda dari rumah dinasnya di Jln. Nyland menuju kantornya di Balai Kota.

”Di tengah tingginya tingkat pencemaran udara yang dihasilkan kendaraan bermotor, penggunaan sepeda harus terus disosialisasikan. Pemkot Bandung sendiri berupaya mengakomidasi keberadaan komunitas sepeda dengan menyediakan bike line atau jalur khusus sepeda,” tandasnya. (Herdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan