Pemprov Berikan Dana Stimulus Bagi 9 Kota Tata Destinasi ODTW

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Potensi sumber daya alam yang terdapat  di tatar Jawa Barat  begitu besar dalam hal ini Objek daerah Tujuan Wisata (ODTW). Untuk lebih mensosialisasikan atau mempromosikan daerah tujuan  wisata tersebut Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan terus melakukan penataan dan pembinaan  terhadap 9 Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang memiliki karakter/ciri khas wisata.

Terkait hal tersebut Wagub Jabar Dede Yusuf pada rapat koordinasi bidang kepariwisataan dan kebudayaan bersama utusan pemerintah kabupaten dan kota se-Jawa Barat.Bertempat di gedung serbaguna Disparbud Jalan LE Martadinata Kota Bandung Selasa (12/1), mengatakan, dalam upaya lebih mengenalkan ODTW Jawa Barat kepada wisatawan nusantara dan manca negara perlu dibuatnya icon khusus tentang pariwisata Jawa Barat.

Lebih lanjut dikatakannya, paradigma para birokrat yang dulunya berorientasi program pembangunan menjadi market program sehingga hal tersebut berimplikasi terhadap Pendapatan Asli Daerah.Untuk itu harus dibuat pengembangan produk wisata sehingga bisa mengangkat harkat dan martabat seni dan budaya melalui kerjasama dengan para pakar dibidangnya seperti,kroegrafer dan disainer melalui suatu kegiatan yang bisa menjadi tontonan menarik.

Menurut Dede, melalui forum ini Kabupaten dan Kota  se Jawa Barat bisa menyampaikan dan memberikan masukan sehingga industri pariwisata Jabar lebih maju, mengingat keterbatasan dana yang ada maka diperlukan koordinasi dengan demikian bisa bersinergi. Pemprov Jabar pada tahun ini akan memberikan stimulus kepada 9 Kabupaten /Kota yang memiliki destinasi ODTW berkarakter.

“Per daerah 1 miliar, bantuan ini hendaknya bisa mengangkat dan membangkitkan  kultur Jabar,” katanya.

Sementara itu Kadisparbud Jabar Herdiwan Iing Suranta mengatakan ke-9 daerah tersebut yakni Kota Cirebon, Bandung, Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Ciamis, Garut, Tasikmalaya, dan Kuningan. Sedang bantuan dana yang diberikan Pemprov ini merupakan stumulus untuk penataan objek daerah tujuan wisata sehingga tempat itu bisa membuat wisatawan menjadi nyaman dan mau untuk berlama-lama tinggal di tepat wisata tersebut. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan