Pemprov Jabar Terus Genjot 100 Persen Elektrifikasi

  • Bagikan

CIANJUR (Lintasjabar.com),- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan program Jabar Caang 2010 yang digulirkan  sudah selesai dan mencapai target dengan masuknya jaringan listrik ke seluruh desa di Jawa Barat. Meski demikian, masuknya jaringan listrik tersebut belum seluruhnya menyentuh ke seluruh rumah tangga. Apalagi masih ada sekitar 68 persen atau 3,5 juta rumah tangga yang belum tersentuh  aliran listrik atau elektrifikasi. Untuk itu, program elektrifikasi ini akan dilanjutkan dengan program “Rumah Tangga Caang”, dengan target 3 tahun mendatang 100 persen rumah tangga di Jawa Barat sudah dialiri listrik.

Menurut Heryawan dengan jumlah penduduk 43 juta jiwa lebih, kebutuhan akan energi listrik cukup besar. Di sisi lain, energi listrik yang dihasilkan kawasan Jawa Barat cukup besar yakni mencapai 4.900 megawatt. Namun produksi energi listrik itu tidak sepenuhnya dinikmati masyarakat Jawa Barat karena harus berbagi dengan jaringan transmisi listrik nasional. Untuk mendorong program elektrifikasi, maka pemberian sambungan listrik gratis bagi keluarga pra sejahtera diharapkan mampu mendongkrak hingga 70 persen keluarga di Jawa Barat.

“Kita terus upayakan agar seluruh rumah tangga di Jawa Barat menikmati aliran listrik. Dengan sambungan lsitrik cuma-cuma, membangun gardu listrik jaringan tengangan rendah dan menengah diharapkan mampu memenuhi kebutuhan listrik rumah tangga di Jawa Barat. Paling tidak seluruh fasilitas umum warga dapat sepenuhnya dapat dialiri listrik,” ujar Heryawan saat meresmikan pemanfaatan hasil pembangunan program listrik perdesaan (Lisdes) tahun 2010 di Kampung Cisalak Tengah Desa Cisalak Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur, Rabu (29/12).

Lebih lanjut Heryawan menyatakan wilayah Jabar selatan merupakan wilayah yang paling banyak belum terlayani aliran listri dari PT. PLN. Kendala yang dihadapi diantaranya kondisi perkampungan yang masuk ke pelosok dan jarak antar kampung sangat jauh. Untuk memecahkan kendala itu, sepanjang tahun 2010, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelontorkan Rp 30,5 miliar untuk membangun jaringan listrik dan sejumlah pendukung lainnya, seperti gardu listrik di 311 desa yang tersebar di 180 kecamatan di 17 kabupaten.

Seusai meresmikan acara ini Gubernur Ahmad Heryawan didampingi Bupati Cianjur Cecep Mochtar meninjau rumah tangga yang baru saja menikmati sambungan listrik dari program Lisdes ini. Di depan warga, gubernur berharap dengan listrik masuk desa ini bisa lebih meningkatkan kualitas hidup masyarakat pedesaan. Mahmud (40) salah satu perwakilan warga menyatakan sangat berterimakasih atas program pemerintah Provinsi Jawa Barat ini. “Sekarang rumah kami lebih caang”ungkapnya. (Fan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan