Pengerjaan Perbaikan Jalan Kota Bandung di Mulai Juni

  • Bagikan

Bandung (Lintasjabar.com),- Perbaikan ruas jalan sepanjang 78,9 kilometer di Kota Bandung yang terbagi dalam 63 paket akan dimulai pekan kedua Juni. Masing-masing paket perbaikan tersebut akan dikerjakan oleh satu perusahaan yang memenangi lelang.

Pengerjaan ditargetkan tuntas paling lambat dua bulan untuk jalan konstruksi hotmix dan tiga bulan untuk beton. Pemborong yang gagal memenuhi target waktu dikenai denda. “Dengan konstruksi beton, umur jalan diharapkan bisa mencapai 5 hingga 10 tahun, sementara umur maksimal konstruksi aspal hanya mencapai 5 tahun,turur Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan (DBMP) Kota Bandung Iming Ahmad kemarin.

Dari 78,9 kilometer jalan yang diperbaiki, 55,27 kilometer di antaranya menggunakan konstruksi beton. Termasuk dalam ruas jalan yang akan dibeton adalah Jalan Rumah Sakit, Jalan Padasuka, Jalan Arcamanik Endah, Gegerkalong Hilir, dan Cipadung. Lebih banyaknya porsi pembetonan sesuai dengan target tahun ini yang mencapai 70 persen, jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya 20 persen.

Menurut Iming, DBMP tidak akan segan-segan mendaftarhitamkan perusahaan yang terbukti wanprestasi atau bekerja tidak sesuai dengan perjanjian. Hal ini penting untuk menjaga kualitas pengerjaan projek. Pasalnya, kinerja pihak ketiga dalam perbaikan jalan sebelumnya menjadi sorotan DPRD dalam Paripurna LKPJ Walikota Bandung 2010.

“Lelang sudah kami lakukan sesuai prosedur. Semua lewat e-procurement. Kami tidak berani main-main. Denda dan penyitaan aset dilakukan jika perusahaan melanggar pasal-pasal perjanjian,” ujar Iming. (Herdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan