Peninjauan Tugas Komisi IV Untuk Mengawal Program Rutilahu Agar Tepat Sasaran

  • Bagikan

CIMAHI, LJ – Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, melakukan peninjauan program rutilahu yang berada di Kecamtan Cigugur Tengah, Kota Cimahi, Jumat, (22/11/2019). 

Anggota Komisi IV, DPRD Provinsi Jawa Barat, Kasan Basari, mengatakan kunjungan kali ini merupakan tugas Komisi IV untuk mengawal program Rutilahu di Provinsi Jawa Barat.

“Hari ini kami meninjau langsung rutilahu yang ada di Kecamatan Cigugur Tengah, Kota Cimahi, untuk memastikan penerima program rutilahu di Kecamatan Cigugur Tengah ini tepat sasaran dan memastikan pengerjaan rutilahu berjalan dengan baik,” terangnya.

Peninjauan tersebut terkait informasi bahwa di beberapa daerah program rutilahu ini tidak tepat sasaran, sehingga perlu ada pengkajian lebih dalam mengenai penerima program rutilahu ini.

“Kita lihat di Kecamatan Cigugur Tengah ini program rutilahu sudah baik,” ujar Kasan.

Menurutnya, terkait dengan pembuatan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat harus melihat dari sisi asas keadilan masyarakat dan ditegaskan jangan sampai program dibuat yang tidak mempertimbangkan dari sisi asas keadilan masyarakat. 

“Karena beberapa program pemerintah saat ini ditemukan ada yang tidak pro rakyat, serta harus cermat dalam menggunakan anggaran sehingga bisa tepat sasaran dan lebih mementingkan kepentingan rakyat,” ungkapnya.

Untuk itu, Komisi IV ke depannya akan terus mengkaji dan mengevaluasi program di tahun 2020 jangan sampai program yang ada mencederai asas keadilan masyarakat.

Sementara itu anggota Komisi IV, Mochamad Ichsan mengatakan kuantitas dari program rutilahu itu sendiri perlu ditambah, mengingat Dinas Perumahan dan Permukiman Rakyat yang membawahi rutilahu di Provinsi Jawa Barat berencana akan membuat total 46 ribu rutilahu se Jawa Barat.

“Akan tetapi sejauh ini baru 10 ribu unit rutilahu yang sudah dikerjakan, maka dengan ini Komisi IV mendorong Pemprov Jabar untuk menaikan lagi kinerja kuantitas dan kualitasnya sehingga bisa mengerjakan rutilahu sesuai dengan target awal yaitu 46 ribu program rutilahu,” tandasnya. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan