Pesepeda Bandung Raya Gelar Aksi Peduli Palestina, Kumpulkan Donasi Jutaan Rupiah

Pesepeda se-Bandung Raya saat menggelar aksi solidaritas Palestina di pelataran Sungai Cikapundung Bandung,

BANDUNG, LJ – Ratusan pecinta sepeda se-Bandung Raya menggelar aksi solidaritas Palestina di Pelataran Sungai Cikapundung Bandung, Sabtu pagi, 28 Oktober 2023.

Massa yang tergabung dalam pesepeda Bandung Raya For Palestina sudah memadati lokasi lahan Cikapundung sejak pukul 06 30 WIB. Mereka mengendarai sepeda dengan berbagai macam atribut, mulai dari spanduk, ikat kepala dan poster yang bertuliskan #Save Palestine. #Fredom Palestine.

Massa pesepeda Bandung Raya ini memulai aksinya dengan menggelar do’a bersama dilanjutkan dengan orasi yang mengutuk tindakan kebrutalan israel terhadap rakyat Palestina di Gaza. Bukan hanya itu, massa pesepeda Bandung Raya juga menggalang donasi kemanusiaan dengan cara menukar atribut dan kencleng keliling.

Usai itu, aksi solidaritas untuk Palestina kemudiam dilanjutkan bersepeda bersama berkeliling sudut sudut kota bandung. Rute dari Jalan Asia Afrika, Jalan Gardujati, Jalan Diponegoro, Gedung Sate dan berakhir di Tugu Cikapayang.

Dikatakan Koordinator Aksi Solidaritas Sepeda untuk Palestina, Dedi supriadi bahwa pihaknya melakukan aksi damai bersama tidak lain untuk kemanusiaan palestina.

“Kami sangat mengutuk tindakan agresi milter Israel ke Palestina yang menewaskan ribuan rakyat sipil dan militer Palestina,” terangnya.

Pihaknya menilai, agresi militer Israel ke Palestina telah melakukan pelanggaran HAM dan melakukan pembunuhan kepada warga sipil tak berdosa, anak anak, perempuan dan sejumlah tempat ibadah di hancurkan.

“Tindakan tersebut termasuk pada kategori pembunuhan massal terhadap warga Palestina di Gaza,” tegasnya.

Pihaknya juga mendorong agar Pemerintah Indonesia menggalang sejumlah negara-negara asia untuk bisa menghentikan agresi militer Israel di bumi Palestina.

“Komunitas Pecinta Sepeda Bandung Peduli Palestina menyerukan kepada pemerintah Indonesia untuk menghentikan agresi militer israel yang telah membunuh warga sipil tak berdosa,” ujar dedi Supriadi.

Hingga siang hari, dari hasil penggalangan donasi kemanusiaan, sudah terkumpul jutaan rupiah. Donasi tersebut rencananya akan diserahkan untuk rakyat Palestina melalui Daarut Tauhid peduli. (*)