Prolegda Penetapan Sebelum RAPBD Murni 2015

BANDUNG LJ – Menyinggung terkait Prolegda 2015, Badan Legislasi sudah menjadwalkan pada tanggal 12-18 Nopember, yaitu sebanyak 15 Raperda yang penetapannya sebelum RAPBD murni 2015, dibahas lebih lanjut oleh Banggar.

Demikian dikatakan Ketua Badan Legislasi DPRD Provinsi Jawa barat Drs.H.Yusuf Puadz pada wartawan di gedung dewan jalan Diponegoro no 27 Kota Bandung. (1/11).

Hal ini, menurutnya, sesuai dengan Amanat Undang-undang, penetapan Prolegda harus sudah ditetapkan sebelum ditetapkannya RAPBD 2015. Ketika nanti 15 raperda ditetapkan dalam prolegda, maka pada saat pembahasan dan penyusunan Raperda tersebut kan harus dibiayai dalam APBD.

“Kalau tidak tercantum dalam APBD, lantas biaya pembahasan dan penyusunan Raperda dari mana anggarannya,” ujar Yusuf.

Dari 15 Raperda 2015 nanti ada 2 raperda yang merupakan inisiatif dari dewan yaitu tindak lanjut dari raperda tahun lalu yang sempat tertunda, yaitu tentang Raperda Jasa Lingkungan dan Raperda tentang Kota Layak Anak.

Lebih lanjut, dikatakan Yusuf, untuk mengefktifitaskan Perda yang sudah ada, maka harus ada Pergub sebagai juklak dan juknisnya, sehingga dalam beberapa pembahasan kedepan baik 8 perda sisa tahun 2014 maupun yang akan ditetapkan dalam Prolegda 2015, dewan dan eksekutif sudah sepakat, bahwa pada saat pembahasan Perda akan disertakan juga Pergub dari Perda terkait.

Perda yang membutuhkan Pergub, harus dibahas berbarangan saat pembahasan Perdanya. Kalu tidak kita tidak akan bahas. (Ihsan)

Tinggalkan Balasan