Recheking Posyandu

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Pelayanan kesehatan bagi anak-anak dan pelayanan Keluarga Berencana (KB) melalui posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar, karena hal tersebut terkait dengan cita-cita membentuk sumber daya manusia masa depan yang sehat dan berkualitas, dengan basis sumber daya masyarakat.

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Bandung, H. Dada Rosada pada saat menerima tim Recheking Posyandu tingkat Jawa Barat di Posyandu Wijayakusuma, Kelurahan Palasari, Kecamatan Cibiru, Rabu (10/11). Hadir dalam kesempatan tersebut, ketua tim penggerak PKK Kota Bandung, Ny. Nani Dada Rosada dan sejumlah pejabat publik Kota Bandung.

Lebih lanjut dikatakan Dada, karakteristik posyandu adalah sebagai kegiatan pelayanan kesehatan dari, oleh dan untuk masyarakat yang didasari nilai-nilai gotong royong menuju kemandirian dan keswadayaan. “Posyandu juga dapat membangun kesadaran masyarakat untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan seperti kurang gizi, penyakit menular dan perilaku kesehatan yang keliru”, ujar Dada.

Keberadaan posyandu di Kota Bandung, menurut Dada telah memberi warna terhadap pembangunan bidang kesehatan. “Betapa tidak, aktivitas posyandu yang tersebar di setiap RW mampu mendekatkan jarak warga dengan pos-pos pelayanan kesehatan, menunjang pemerataan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan kepada warga di setiap sudut kota”, pungkasnya.

Senada dengan Wali Kota Bandung, ketua tim Recheking, H. Riyadi (kabiro Yansos Provinsi Jabar), dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan posyandu itu sebagai upaya untuk mempersiapkan generasi muda penerus yang sekarang. “Posyandu itu bukan hanya untuk balita saja tetapi juga untuk lansia dan ibu hamil juga”, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, recheking tersebut, dilakukan hanya untuk memastikan saja, karena untuk nilainya sendiri sudah didapatkan. “Untuk saat ini Recheking lomba posyandu tingkat kota diikuti oleh enam Kota yaitu, Depok, Bogor, Sukabumi, Cirebon, Cimahi dan Bandung”, ujarnya. (Herdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan