UPTD ESDM Wil I Kembangkan Jaringan Listrik Pedesaan

  • Bagikan

Cianjur (Lintasjabar.com),- Tenaga listrik merupakan kebutuhan dasar masyarakat karena dengan adaya sumber energi ini berdampak terhadap kesejahteraan,mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan perekonomian sehingga dapat mewujudkan masyarakat adil dean makmur. Tenaga listrik jaringan PLN di Jabar saat ini baru mencapai 67 persen dengan demikian masih banyak masyarakat Jabar yang belum menikmati aliran listrik.
Menyikapi kondisi tersebut UPTD ESDM Wilayah I Cianjur terdiri dari Kabupaten Bogor,Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur melaksanakan upaya-upaya untuk pemanfaatan listrik disetiap kabupaten dengan Program Listrik Perdesaan ( Lisdes ).
Demikian hal tersebut diungkapkan kepala UPTD ESDM  Wil I Ir Bambang W,SH.MM kepada wartawan di kantornya.
Lebih lanjut dijelaskannya maksud dilaksanakan pekerjaan pengembangan pembangunan jaringan listrik perdesaan adalah membangun dan mengembangkan jaringan listrik yang bersumber dari PLN serta memasang SR/IR bagi masyarakat Pra KS dan KS 1,imbuhnya seraya menambahkan adapun tujuannya untuk menunjang produktivitas masyarakat perdesaan dari aspek sosial,ekonomi dan budaya yang akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup masyarakat yang lebih sejahtera dengan IMP naik,kata Bambang.
Program Lisdes ini akan mempercepat pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat di perdesaan dengan sasaran pekerjaan pembangunan jaringan tenaga listrik untuk sebanyak 3.241 unit sambungan untuk Kepala Keluarga yang tersebar di 3 Kabupaten yaitu : Sukabumi 11 Kecamatan untuk 17 Desa.Bogor 11 Kecamatan untuk 13 Desa dan Cianjur 15 Kecamatan untuk 23 Desa,tutur Bambang.
Ditambahkannya adapun manfaat yang didapat dari program ini adalah;meningkatkan ratio elektrifikasi pada setiap kabupaten,mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat perdesaan melalui pemanfaatan fasilitas energi listrik.Menumbuh kembangkan kualitas pendidikan dan kesehatan,menumbuh kembangkan industri perdesaan serta meningkatkan penyerapan informasi melalui media elektronik ( TV,Radio) sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan berpikir,ujar Bambang.
Disamping itu juga program ini untuk pencapaian akselerasi visi dan misi Jawa Barat melalui pembangunan infrastruktur penyedian energi listrik dan Meningkatkan kualitas dan produktivitas perdesaan sehingga diharapkan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan juga terciptanya sinergitas pengelolaan ketenga listrikan dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten dan pemanfaatan energi listrik di Wilayah Jawa Barat,pungkasnya. (Fan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan