Wakil Ketua DPRD Jabar : Berpulangnya Maestro Abah Asep Sunadar Duka Bagi Jabar

  • Bagikan

BANDUNG (LJ) – Berpulangnya Sang Maestro Dalang Wayang Golek terkenal asal Jalekong Kabupaten Bandung Jawa Barat, Asep Sunandar Sunarya atau Abah Asep tidak hanya meninggalkan kesedihan mendalam bagi keluarga. Rasa duka dan sedih pun turut dirasakan oleh seluruh masyarakat Jawa Barat lainnya, tak terkecuali keluarga besar DPRD Jawa Barat.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua  DPRD Jabar Uu Rukmana kepada wartawan beberapa waktu lalu, dirinya yang juga merupakan Budayawan dan Tokoh Jawa Barat ini mengatakan, meninggalnya sosok yang mumpuni dalam dunia dalang wayang golek tersebut merupakan kehilangan aset berharga  bagi dunia seni Jabar bahkan duka bagi warga Jawa Barat.

Lebih lanjut dikatakan Uu, figur Abah Asep merupakan seniman dan budayawan sejati yang senantiasa berkarya untuk kemajuan seni Sunda,berpulangnya beliau, tidak hanya Jabar, saya rasa Indonesia pun kehilangan salah satu maestronya,ungkap Kang Uu sapaan akrabnya di Bandung Rabu (2/4).

Uu Rukmana menilai Asep sebagai seniman yang sukses menjaga tradisi dan budaya asli Tanah Air di tengah gencarnya serangan budaya asing.Tidak hanya itu, Asep merupakan seniman yang aktif dalam memerhatikan kehidupan sosial. Melalui pertunjukkan kesenian wayang goleknya, tidak jarang kritik yang membangun disampaikan Asep sebagai wujud kepeduliannya terhadap bangsa dan Tanah Air.

Ditambahkannya oleh karena itu, perlu adanya generasi penerus yang melanjutkan perjuangan Asep dalam menjaga kelestarian budaya lokal. Agus meminta kaum muda Jabar dan seniman wayang golek khususnya untuk terus berkreasi.Pemerintah harus mendukung upaya itu, dengan menyediakan infrastruktur kesenian yang memadai. Kebijakan-kebijakan di bidang budaya pun harus lebih baik lagi. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan