Waras: Dukung Percepatan Mega Proyek Infrastruktur di Jabar

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Ketersediaan infrastruktur mutlak diperlukan untuk menunjang pembangunan semua sektor yang lain dan sekaligus untuk mempercepat pencapaian sasaran-sasaran pembangunan di semua bidang.

Dengan anggaran yang relatif terbatas, Fraksi PDI Perjuangan menilai seharusnya pembangunan infrastruktur dilakukan secara terintegrasi, tepat sasaran untuk menunjang kepentingan sektor perekonomian sebagai leading-sector nya.

“Pembangunan infrastruktur tidak boleh berdiri sendiri tanpa melihat kepentingan sektor lain yang lebih utama,” ujar Ketua Fraksi PDI-Perjuangan, Waras Wasisto, SH kepada wartawan kemarin.

Karena itu pihaknya mendukung percepatan pembangunan mega proyek infrastruktur di Jawa Barat yang sangat penting bagi kemajuan Jawa Barat seperti pembangunan Bandara Kertajati dan pembangunan jalan-jalan tol (Cisundawu, Soroja, dll), dan pembangunan 12 bendungan di Jawa Barat untuk kebutuhan irigasi, pembangkit listrik, dan perikanan.

Sementara itu, menyoal pembangunan sektor Pertanian, pihaknya menilai masalah utama sektor pertanian tidak hanya sekedar kualitas produk pertanian atau jumlah produksi yang belum mencapai target, tetapi lebih mendasar lagi Jawa Barat saat ini sedang menghadapi kondisi dimana jumlah keluarga petani di Jawa Barat semakin berkurang secara drastis, dengan pengurangan sekitar 100 ribu keluarga petani yang beralih profesi setiap tahunnya.

Oleh karena itu berdasarkan evaluasi program-program sektor pertanian yang sudah berjalan, kami mendesak agar Gubernur hendaknya lebih banyak memberikan perhatian kepada perlindungan dan peningkatan kesejahteraan keluarga-keluarga petani ini, baik dari sisi ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan teknologi.

Serta perlunya segera dicanangkan program-program yang berorientasi mewujudkan kelompok-kelompok tani yang modern, menggunakan teknologi canggih, mampu bersaing di era MEA, serta mampu menghasilkan produk-produk bernilai tambah yang berkualitas. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan