Warga Cinunuk Keluhkan Penjualan Tanah Yang Belum Dilunasi Kepada Komisi I DPRD Jabar

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat menerima aspirasi dari masyarakat Cinunuk Kab. Bandung (17/11) yang menyampaikan aspirasinya terkait penjualan tanah yang sampai saat ini sebagian belum dilunasi oleh perusahaan pembeli.

Menurut kesaksian Tjetje Rasmana yang dulu menjabat sebagi Ketua RT, dirinya ditunjuk untuk menjadi koordinator masyarakat selaku pemilik tanah.

“ Tahun 1994 ada perusahaan yang minta disediakan tanah untuk dijadikan perumahan di sekitar Gunung Manglayang sekitar seluas 15 hektar, sebagian memang ada yang sudah dibayarkan, namun belum semua,” papar Tjetje.

Sampai akhirnya lanjut Tjetje, pihak perusahaan pembeli yaitu PT. Langgeng Harja Cipta dan PT. Curug Putra Medira   belum melunasi sisa pembelian tanah tersebut kepada masyarakat sebagaimaan disepakati. Kini tanah tersebut telah dibeli dan dikuasi oleh PT. Wika. Sampai saat ini masyarakat kesulitan untuk menuntut agar uang sisa pembelian tanah dilunasi.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Lili Muslihat dari KPJB yang mendampingi dan menjadi kuasa masyarakat Desa Cinunuk, bahwa masyarakat sudah pernah menyampaikan aspirasi yang sama kepada DPRD Provinsi Jawa Barat melalui Komisi A pada tahun 2007 namun sampai saat ini belum ada penyelesaiannya.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh masyarakat tersebut, Sekretaris Komisi I, Diding Saefuddin Zuhri yang didampingi Anggota Komisi I Yusuf Puadz mengatakan bahwa masalah ini adalah masalah lama yang ingin diangkat kembali.

Diding memahami apa yang disampaikan oleh masyarakat, dan mengakui bahwa Komisi A pernah menerima aspirasi tentang masalah yang sama pada tahun 2007.

“Dulu memang pernah diterima oleh Komisi A, dan disepakati pada saat itu bahwa keduabelah pihak yang bertikai sepakat untuk sama-sama mengumpulkan dokumen serta alat bukti kepemilikan sebelum nantinya diputuskan.” Terangnya.

Tapi menurut Diding, ternyata sampai saat ini belum ada kelanjutannya dan pihak-pihak yang bertikai belum menyampaikan data dan bukti dokumen yang diperlukan. (Ydi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan