Warga Kota Bisa Berobat Gratis Dengan Bawaku Sehat

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, H. Edi Siswadi  mengatakan Pemerintah Kota Bandung akan memberikan stimulus terhadap warga kurang mampu di ibukota provinsi Jawa Barat ini, diperkirakan sekitar 740 ribu orang. Mereka yang tidak mampu itu mendapatkan pengobatan gratis dari Pemkot Bandung melalui program bawaku sehat.

Masyarakat yang kurang mampu mendapatkan pengobatan di 32 rumah sakit yang tersebar di Kota Bandung. Mereka tidak dipungut biaya alias gratis,” jelasnya kepada wartawan saat ditemui disela-sela acara Dialog pembaguanan bertempat di aula Perhutani jalan Sukarno-hatta Kota Bandung Rabu (12/1). Ditambahkannya, untuk anggaran kesehatan di Kota Bandung mengalami peningkatan menjadi Rp 41 miliar dan ini diharapkan akan banyak lagi warga tidak mampu mendapatkan pengobatan gratis.

Edi berharap, ke depan diwacanakan pemkot akan membuat asuransi kesehatan untuk warga kota Bandung, dengan program ini diharapkan akan lebih banyak lagi warga Bandung yang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. Kendati demikian, diakuinya hal ini masih dikaji melalui   Feasibilty  studi terlebih dahulu oleh pemkot dengan  wakil rakyat Kota Bandung yang duduk di legislatif seberapa besar dan yang harus disiapkan untuk mengkaver anggaran asuransi tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Bandung, H Gunadi S Bhinekas menerangkan “Program bawaku sehat bertujuan meningkatkan akses dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin Penduduk Kota Bandung, dimulai tahun 2007 dengan dana 4 milyar melayani 429 kasus kesehatan, tahun 2008 mencapai 21,2 milyar melayani 8.773 kasus, tahun 2009 mencapai 30,7 milyar untuk pelayanan 26.748 kasus, tahun 2010 sebanyak 36,1 milyar untuk 67.628 kasus, dan tahun 2011 dianggarkan sekitar 41 milyar” terangnya. (Herdi)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan