Ziarah Makam Para Pendiri Kota Bandung

BANDUNG (LJ),- Dalam Rangkaian Hari Jadi Kota Bandung (HJKB) ke-203, Wali Kota Bandung, M. Ridwan Kamil didampingi Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, sejumlah Pejabat Publik Pemerintah Kota Bandung serta anggota Yayasan Sajarah Timanganten Bandung, melakukan ziarah ke makam para leluhur dan pendiri Bandung, Selasa (24/09/2013)

Rombongan tersebut berangkat dari pendopo kota Bandung, Jl. Dalem Kaum Bandung sekitar pukul 7.00 WIB menuju belakang Mesjid Raya Bandung Prov. Jabar, tempat makam Bupati Bandung ke-6 (1794 – 1829), Rd. Adipati Wiranatakusumah VI (Dalem Kaum) sebagai salah satu pendiri Kota Bandung.

Rombongan melanjutkan ziarah ke situs makam para Bupati Bandung di Jalan Karanganyar, R.H.A.A Wiranatakusumah, makam Bupati Bandung pertama Rd. Tumenggung Wira Angun-Angun (1641 -1709) yang bersebelahan dengan Pahlawan Nasional Rd. Dewi Sartika.

Dikatakan Ridwan selaku pimpinan rombongan mengatakan kegiatan tersebut sebagai penghormatan di Hari Jadi Kota Bandung, “Hari ini kita berziarah ke makam para leluhur Bandung, karena sejarah Bandung ini sangat luar biasa mulai Wiranatakusuma I yang menjadi Bupati Dayeuh Kolot dan anaknya Wiranatakusuma II yang menjadikan Bandung modern, sebagai warga negara yang baik kita tidak boleh melupakan sejarah, kalau Soekarno bilang “Jas Merah”, jangan sekali-kali melupakan sejarah, dengan begitu kita paham bahwa banyak orang-orang hebat luar biasa yang dengan kehormatannya membangun mendirikan kota bandung,”.

Lebih lanjut dikatakannya jika kita menghormati para pendahulu kita maka generasi di masa depan akan menghormati generasi kita saat ini, “Oleh karena itu kita ambil hikmahnya sebagai generasi paling baru yang memimpin kota bandung sebagai penghormatan tebaik pada para pendiri pendahulu Bandung adalah mewujudkan cita-citanya membangun kota jauh lebih mulia bermartabat dengan cara-cara baru,” katanya

Ridwan berpesan, kita dapat seperti hidup ini karena usaha dan ikhtiar para pendiri kita, sama halnya di masa depan anak cucu kita dapat menikmati Bandung yang lebih baik karena usaha dan ikhtiar kita di generasi sekarang.

Selanjutnya setelah melakukan ziarah di Situs Makam Karang Anyar, rombongan melanjutkan ziarah ke Dayeuh Kolot, makam Bupati Bandung kedua, Rd. Ardikusumah yang terkenal dengan nama Demang Timbanganten (1681-1704) dan Makam Raden Tumenggung Anggadiredja I yang dikenal Dalem Gordah (1704-1747) di Kabupaten Garut.

Ziarah kubur makam para leluhur Bandung, diisi dengan tabur bunga dan pengiriman doa bagi arwah leluhur Bandung, serta pemberian sembako kepada penjaga makam, dalam kesempatan itu Ridwan berjanji akan memperbaiki akses masuk ke makam leluhur bandung yang di Jalan Dalem Kaum. (Ihsan)

Tinggalkan Balasan