1.156 Warga Binaan PKBM Ikuti UN Paket C

  • Bagikan

BOGOR (Lintasjabar.com),- Sebanyak 1.156 warga Binaan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat)  se-Kota Bogor mengikuti Ujian Nasional Kesetaraan Paket C.  Peserta berasal dari 33 PKBM yang tersebar di 68 Kelurahan Se-Kota Bogor.  Sedangkan lokasi ujian di pusatkan di tiga tempat yaitu SMKN I, SMAN 6 dan SMP Negeri 12 dan pelaksanaan ujian berlangsung 4 hari dimulai sejak tanggal 6 s/d 8 juli 2011.

Berdasarkan pantauan di lapangan selama berlangsungnya pelaksanaan  berjalan tertib. Dengan mengenakan busana hitam putih dan ada juga yang memakai busana layaknya siswa SLTA mengikuti ujian dengan penuh antusias. Para peserta mengikuti secara seksama yang sebelumnya pengawas memberikan keterangan tata laksana ujian.

Winda (17 tahun) salah seorang peserta ujian mengaku bahwa dengan mengikuti program Kejar Paket C ini ia bisa melanjutkan kembali sekolah karena sewaktu kelas 2 disekolah umum sempat berhenti, karena terbentur biaya.

Winda menyambut baik  program Kejar paket C ini dan tidak akan pernah merasa malu memiliki ijazan Paket C ” Saya tidak malu mengantong ijazah Paket C karena ini sangat perlu untuk melanjutkan studi dan Insya allah  Saya akan melanjutkan ke kuliah, “ tuturnya.

Sedangkan Hendra 37 tahun salah satu  pegawai negeri sipil (PNS) golongan 1 C pelakasana di salah satu instansi pemerintah berterima kasih kepada Pemerintah yang telah menyelenggarakan program Kejar Paket C  “ Program kejar Paket C yang saya ikuti sangat membantu untuk pengembangkan karir PNS, “ kata dia.

Kepala Seksi  Kesetaraan pada Dinas Pendidikan Kota Bogor yang juga selaku Ketua ketua Panita UNPP (Ujian Nasional Program Paket) C  Sudarma mengatakan, ujian Kesetaraan Paket C ini menjadi momentum dalam mengembangkan karir sehingga bisa meneruskan ke jengjang yang lebih tinggi atau untuk melamar pekerjaan,

Sudarma mengaku, terharu dengan antusiasnya para peserta Ujian yang tidak hanya diikuti peserta yang masih berusia muda, tapi juga ada peserta usia yang berusia 40 tahun. “Jadi Program pendidikan kejar paket c ini jangan hanya dipandang sebelah mata, “ tegasnya.

Menurut Sudarma,  beberapa tahun lalu ada jebolan dari program paket C berhasil melanjutkan kembali Ke Universitas Negeri di Bandung, bahkan  sekarang sudah semester III “ Ini menjadi kebanggaan bagi kita, khususnya Dinas Pendidikan, “ tukasnya.

Pelaksanaan UNPP di Kota Bogor ditinjau langsung dan diawasi langsung oleh Irjen dari Kemendiknas, “Ibu Siti Julaeha dari Kemendiknas meninjau dan pengawasi langsung pelaksanaan UNPP di Kota Bogor, “ ujarnya.

Lebih lanjut Sudarma berharap kepada Kelurahan dan Kecamatan agar mendata kembali warganya yang putus sekolah dan tidak mampu untuk bisa diikutsertakan  dalam program Kejar Paket A, B, dan C, karena hal ini akan membantu mereka dalam meneruskan jenjang pendidikan lebih tinggi lagi, sekaligus untuk pengembangan karier jika sudah bekerja ataupun untuk melamar pekerjaan. (swd)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan