Arif: Kawasan Situ Cikaret Area Strategis Untuk Irigasi Serta Objek Wisata

  • Bagikan

[lintasjabar tkp=”BOGOR”] Situ cikaret adalah danau kecil (situ) yang terletak di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Letaknya pun tidak jauh dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, CIkaret, Cibinong, Kab. Bogor.

Anggota DPRD Jawa Barat, H. Arif Hamid Rahman, SH

Situ ini dikelilingi pepohonan rimbun dan asri. Fungsinya sama dengan situ-situ lain yang tersebar di wilayah Bogor, yaitu sebagai penampung air (reservoir) dan cadangan air yang juga dimanfaatkan untuk mengairi persawahan yang ada di sekitarnya.

Selain itu, meski konon warga sekitar menyebut cerita misteri menyelimuti Situ Cikaret, tak dipungkiri lokasi yang terletak di Kelurahan tengah, Kecamatan Cibinong ini sering dikunjungi wisatawan untuk sarana rekreasi murah meriah serta menjadi tempat bersantai bagi masyarakat sekitar.

[xyz-ips snippet=”bacajuga”]

Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat, H. Arif Hamid Rahman, SH mengungkapkan Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat melakukan peninjauan terhadap aset milik Pemprov Jabar yaitu Situ Cikaret, di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin, (8/2/2021).

Sebab, sambungnya, kawasan Situ Cikaret menjadi area yang sangat strategis terutama untuk konservasi pengadaan air baik untuk irigasi, rumah tangga dan objek wisata.

“Aset-aset seperti ini banyak di Jawa Barat, ini termasuk dalam kategori konservasi yang bisa juga ditingkatkan menjadi objek wisata,” katanya.

Namun demikian, terdapat beberapa persoalan yang harus segera diselesaikan, pertama terkait legalitas yaitu sertifikat kepemilikan, kemudian perlu adanya tata kelola yang jelas, terencana dan terstruktur. (AdiPar/San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan