Arif Ucapkan Selamat Atas Predikat Akademik Terbaik P3DA Oleh Ketua DPRD Jabar

  • Bagikan
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat meraih penghargaan Predikat Akademik Terbaik pada Program Pemantapan Pemerintah Daerah Angkatan (P3DA) XI Tahun 2020

[lintasjabar tkp=”Jakarta”] Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat meraih penghargaan Predikat Akademik Terbaik pada Program Pemantapan Pemerintah Daerah Angkatan (P3DA) XI Tahun 2020 yang digelar oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia.

Penghargaan Akademik Terbaik tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Lemhanas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo pada Upacara Penutupan P3DA XI Tahun 2020 di Gedung Lemhanas RI, Jakarta, Senin (7/12/2020).

Pada kesempatan itu, Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan alumni P3DA XI merupakan pimpinan daerah atau lembaga sipil dan militer. Karena itu harus mampu menjadi pemimpin yang bermoral, beretika dan paham tentang wawasan kebangsaan serta mampu mengatasi permasalahan di daerah.


“Proses belajar alumni P3DA XI adalah untuk memantapkan wawasan pengetahuan dan sikap mental para alumni dalam memimpin masyarakat di daerah,” katanya.

Setelah menyelesaikan pendidikan, dikatakan Agus, para alumni akan kembali sepenuhnya melaksanakan peran dan kewenangan dalam jabatan politik masing-masing sebagaimana sudah menjadi pengalaman para alumni.

Namun demikian, Agus menekankan kepada para alumni terkait peran alumni untuk membawakan dan menegakkan materi pembekalan selama di Lemhannas RI berupa Konsensus Dasar Bangsa yang terdiri dari Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI, dan ruh yang terkandung dalam Sesanti Bhinneka Tunggal Ika.

[xyz-ips snippet=”bacajuga”]

“Dalam praktiknya, seluruh elemen tersebut merupakan Konsensus Dasar Bangsa yang didapat melalui kesepakatan-kesepakatan bangsa merupakan kunci yang memersatukan bangsa ini dan telah dibuktikan melalui pengalaman sejarah bangsa,” tutupnya.

Pemantapan Pemerintah Daerah (P3DA) angkatan XI Tahun 2020 berlangsung dari tanggal 27 September sampai 7 Desember 2020, serta diikuti 26 peserta yang terdiri dari 9 orang bupati, 3 orang Wakil Bupati, 4 orang Walikota, 1 orang Wakil Walikota, 7 Ketua DPRD, 1 Wakil Ketua DPRD, dan 1 orang Sekretaris Daerah Kabupaten. Lulus dengan penghargaan Predikat Akademik Terbaik pada P3DA 11, yaitu Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat.

Atas diraihnya penghargaan Predikat Akademik Terbaik itu, anggota DPRD Jawa Barat, H. Arif Hamid Rahman, SH mengucapkan selamat dan sukses atas anugerah yang diterima Ketua DPRD Jabar, Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat.

Anggota DPRD Jawa Barat, H. Arif Hamid Rahman, SH

Legislator Fraksi Gerindra ini menilai dari lembaga ini telah banyak melahirkan kader-kader pemimpin nasional yang potensial dan dari fungsi utama di bidang pengkajian telah menghasilkan konsep-konsep yang mewarnai kebijakan penyelenggaraan negara, antara lain konsep Geopolitik Indonesia diimplementasikan dalam doktrin Wawasan Nusantara dan Geostrategi Indonesia dalam doktrin Ketahanan Nasional serta Sistem Manajemen Nasional Indonesia yang pada perkembangannya telah disepakati bersama sebagai paradigma nasional dalam rangka Pembangunan Nasional.

Lembaga Ketahanan Nasional, disingkat Lemhannas, adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Pembentukan lemhannas pada dasarnya merupakan jawaban atas tuntutan perkembangan lingkungan strategic baik nasional dan internasional yang mengharuskan adanya integrasi dan kerjasama yang mantap serta dinamis antar para aparatur Sipil, TNI, Polri dan pimpinan Swasta Nasional serta pimpinan politik dan organisasi kemasyarakatan, dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan negara. (Adv/San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan