Bamus DPRD Jabar Setujui Pembentukan Kabupaten Garsel

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- DPRD Provinsi Jawa Barat menyetujui pembentukan Kabupaten Garut Selatan. Berdasarkan pengkajian dan pembahasan yang dilakukan Komisi A, sebagaimana yang menjadi aspirasi masyarakat dan disampaikan kepada DPRD beberapa waktu yang lalu.

Persetujuan ini mengemuka dalam Rapat Badan Musyawarah DPRD Provinsi Jawa Barat yang menyetujui penjadwalan Rapat Paripurna Persetujuan DPRD Provinsi Jawa Barat terhadap Usulan Pemekaran Kabupaten Garut yang rencananya  akan dilaksanakan pada tanggal 8 Februari 2011.

Dalam penjelasannya pada  Rapat Bamus yang dipimpin Ketua DPRD, Irfan Suryanagara, Ketua Komisi A  Ricky Kurniawan, mengemukakan bahwa Komisi A telah berkomitmen untuk menyelesaikan tugas yang diberikan Pimpinan DPRD untuk  melakukan pengkajian terhadap pembentukan Kabupaten Garut Selatan dan menyelesaikannya pada akhir bulan Januari 2011.

Komisi A telah melakukan konsultasi ke Kemendagri, melakukan perbandingan ke Provinsi Banten serta menelaah berbagai aspirasi masyarakat yang disampaikan kepada DPRD terkait pembentukan Kab. Garut Selatan. Untuk itu menurut Ricky, setelah dilakukan kajian dan pembahasan, Komisi A meminta Rapat Bamus agar segera menjadwalkan Rapat Paripurna Persetujuan DPRD.

Sementara itu, Anggota Bamus, Yod Mintaraga menegaskan bahwa setelah dilakukan pengkajian dan pembahasan di komisi, tidak ada alasan bagi DPRD Provinsi Jawa Barat  untuk tidak menyetujui pembentukan Kab. Garut Selatan. Lebih lanjut Yod mengingatkan,  pemekaran wilayah di Jabar Selatan hendaknya perlu mempertimbangkan posisi wilayah Jabar Selatan sebagai wilayah konservasi.

“Jangan sampai pemekaran di wilayah tersebut nantinya akan mengganggu atau mengancam ekologi di wilayah tersebut yang pada akhirnya akan merugikan Jawa Barat secara keseluruhan,” terangnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, diharapkan agar nantinya setelah pemekaran atau pembentukan wilayah baru, ada komitmen dari pemerintah kabupaten terkait untuk menjaga wilayah konservasi tersebut sesuai RTRW.

Terkait dengan adanya semangat beberapa wilayah di Jawa Barat yang ingin membentuk dan memekarkan wilayah, Daddy Rohanadi anggota dari Fraksi Gerindra mengingatkan  agar masalah ini tidak menjadi bola panas yang dilemparkan ke pusat, terlebih karena ada beberapa keinginan yang sifatnya elitis tanpa didasarkan pada kajian yang memadai baik dari aspek ekonomi maupun sosial. (Zaen)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan