Dewan Dukung Program Pencetakan Sawah Baru

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Tingginya kebutuhan pangan di Jawa Barat seiring terus bertambahnya jumlah penduduk harus diantisipasi dengan baik agar tidak terjadi persoalan dalam ketahanan pangan. Salah satunya dengan meningkatkan produktifitas pangan lokal agar mampu memenuhi kebutuhan.

Anggota DPRD Jabar Yod Mintaraga mendukung upaya Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mencetak lahan sawah baru. Namun, Yod berharap, program tersebut dilakukan sebaik mungkin agar mampu meningkatkan produktifitas pangan lokal.

Dipilihnya kawasan Jabar selatan sebagai area sawah baru harus diiringi oleh tersedianya pengairan yang memadai. Hal ini harus diperhatikan mengingat wilayah Jabar selatan terkendala faktor pengairan.

Sebab, kata Yod, sebagian besar aliran sungai di Jabar mengalir ke arah utara. “Sungai di Jabar ini hulunya di tengah, sebagian besar hilirnya di utara. Jadi sistem pembukaan sawah baru harus menjamin bahwa lahan itu bisa lebih produktif, harus dipikirkan sistem irigasinya seperti apa,” katarnya di Gedung DPRD Jabar, Bandung,(18/10).

Selain itu, Ketua Fraksi Partai Golkar ini berharap, pembukaan lahan sawah harus diiringi pembangunan infrastruktur seperti jalan, pelabuhan, hingga bandara. Menurut Yod, hal ini penting untuk memudahkan distribusi hasil pertanian.

“Jaringan infrastruktur harus dibangun, dibuka yang menghubungkan Jabar selatan. Jika dilakukan, itu semua akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, regional,” ucap Yod.

Selain itu,Ia pun berharap, pemerintah melakukan klasifikasi terhadap wilayah-wilayah pertanian. Sehingga, Jabar memiliki banyak ragam produk pertanian yang bisa memenuhi kebutuhan warganya. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan