Disparbud Adakan Pembinaan Pembuat Cindramata

  • Bagikan

KAB CIANJUR (Lintasjabar.com),- Wisatawan bila berkunjung ke suatu daerah yang dicarinya untuk dibawa sebagai kenang-kenangan tentulah cindramata daerah tersebut. Cindramata merupakan salah satu bentuk perwujudan dari sebuah karakter (pencitraan) salah satu kawasan, hal ini seringkali menjadi daya tarik pelancong untuk memiliki dan mengkoleksinya.

Untuk itu dalam upaya membuka peluang usaha terhadap industri wisata karena cindramata merupakan salah satu komponen penunjang.Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ( Disparbud ) pemprov Jabar memfasilitasi menyelengarakan pembinaan terhadap pelaku pengrajin cindramata sehingga mereka lebih kreatif dan inovatif menghasilkan karyanya.Demikian hal tersebut diungkapkan Kadisparbud Jabar Ir.H.Herdiwan, M.M. pada saat memberikan arahan kepada para peserta pelatihan.

Sementara itu Ketua pelaksana Drs. H. Moch Kahfi, M.Si yang juga Kepala Balai Pengembangan Kemitraan, Pelatihan Tenaga Kepariwisataan dan Kebudayaan mengatakan, kegiatan pembinaan tenaga cindramata ini adalah untuk memperluas kesempatan kerja, berusaha dan meningkatan pendapatan pengrajin cindramata.

Meningkatan kreatifitas dan inovasi pada pengrajin cindramata.Meningkatkan kualitas produk cindramata serta memnuliakan nilai-nilai budaya dan pariwisata yang terkandung dalam cindramata khas Jawa Barat,paparnya.

Ditambahkannya adapun pemateri dan instruktur terdiri dari;STP Bandung,ITB ,DPD ASITA Jabar,BRI Wilayah Bandung dan Packanging House Bandung.Di ikuti sebanyak 40 peserta dari sentra pengrajin cindramata bertempat di Hotel Cianjur Cipanas Kabupaten Cianjur. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan