DPRD Jabar Minta Pemerintah Pusat Fokus Pada BIJB

  • Bagikan

BANDUNG (LJ) – DPRD Jawa Barat meminta agar pemerintah pusat dan daerah untuk fokus dulu dalam membangun Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, daripada memikirkan rencana pembangunan bandara di Kabupaten Karawang.

Ketua DPRD Jawa Barat Irfan Suryanagara mengatakan, lebih baik bangun dulu BIJB Kertajati daripada Karawang. “Silahkan dipikirkan, selesaikan BIJB dulu, BIJB kan tinggal sedikit lagi. Artinya yang terpenting bagaimana BIJB jadi dulu, baru berpikir Karawang,” terangnya kepada wartawan di Bandung, Selasa (15/4).

Menurutnya saat ini, akses jalan tol menuju Bandara Kertajati tersebut sudah mau selesai dan saat ini hanya tinggal pembebasan lahannya saja.

“Saya bukan ahli dibidang itu, tapi yang terpenting saat ini ialah kita harus mendorong dan memperkuat pembangunan BIJB dulu, kan runway nya sudah dibangun, tinggal terminalnya saja,” akunya.

Lebih lanjut dikatakannya  untuk pembangunan terminal Bandara Kertajati bisa dilakukan dengan sistem build operate transfer (BOT) dengan pihak swasta.

“Kalau masalah terminalnya banyak yang mau atau berminat membuatnya Dengan BOT melibatkan swasta saja bisa jadi, seperti kalau kita serahkan ke Sriwijaya, Lion dan lain-lain mereka pasti mau,” ungkapnya.

Ditambahkan Irfan, selama ini dukungan pihaknya untuk pembangunan Bandara Kertajati sudah sangat besar dan ia membantah jika alokasi anggaran untuk bandara tersebut kecil.

“Dukungannya sangat baik. Bukan anggarannya kecil, tapi anggaran pendamping Rp50 miliar awalnya dari Bappenas itu sudah berdampingan. Tetapi kalau sekarang Bappenas mengatakan ok runway saya, maka terminalnya kita. Maka langsung kita buat,” katanya. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan