DPRD Jabar Usulkan Pemprov Fokuskan Jalur Transportasi Darat

  • Bagikan

BANDUNG (LJ),- DPRD Jabar mengusulkan Pemprov Jabar untuk memfokuskan jalur transportasi darat ketimbang membenahi bandara. Mereka menilai, penataan dan perluasan Bandara Citarate masih jauh dan belum akan dilaksanakan.

Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jawa Barat Maman Abdurrachman menyatakan kepada wartawan, infrastruktur darat di berbagai wilayah di Jabar pun masih memerlukan perhatian lebih dibanding dengan membangun atau memperbaiki bandara.

“Kita cenderung ke infrastruktur darat dulu yang masih harus diperbaiki. Kalaupun mau mengaktifkan kembali lebih baik jalur keretanya dulu seperti di Ciwidey, Sukabumi, dan yang lainnya,” tutur Maman.

Menurutnya, pembenahan bandara untuk penerbangan komersil jarak dekat, dinilai Maman, sepertinya belum dilirik oleh maskapai penerbangan. Pasalnya, secara ekonomi hal itu tidak menjanjikan “Rute-rute pendek dan temporer maskapai juga gak akan mau. Apalagi terbatas dan hanya ramai pas liburan saja,” ujarnya.

Selain membangun sarana transportasi, Pemprov Jabar juga harus memperhatikan penunjang lainnya untuk melengkapi potensi wisata di Jawa Barat. Dia mencontohkan, pantai Pangandaran yang penanganannya belum optimal. Menurut Maman, wisatawan yang datang ke pantai tersebut belum bisa bertahan lama tinggal di Pangandaran.

“Kita lihat saja seperti kemarin Tahun Baru, ribuan orang tumplek di Pangandaran. Tapi hanya satu hari saja. Kalau di Bali itu bisa sampai mingguan bahkan bulanan. Tentu ini yang ingin kita tingkatkan dulu,” tegasnya. (san)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan