Gatot dan Yance Jadi Pimpinan Sementara DPRD Jabar

  • Bagikan

BANDUNG LJ – Sekretaris DPD PDIP Jawa Barat, Gatot Cahyono terpilih menjadi Ketua DPRD Jabar sementara periode 2014-2019. Wakil Ketua sementara rianto MS Syafiuddin (Yance) yang juga Ketua DPD Golkar Jabar.

Pemilihan kedua pimpinan DPRD Jabar sementara itu terungkap dalam rapat Paripurna Istimewa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jabar dengan tema Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Provinsi Jabar masa jabatan 2014-2019 di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (1/9/14).

Terkait itu Sekretaris DPRD Jabar, Ida Hernida mengatakan, pemilihan kedua pimpinan DPRD Jabar sementara tersebut telah sesuai dengan UU No.32 tahun 2009 tentang MD3. Dimana pemilihan pimpinan DPRD ditentukan oleh partai pemenang. Dalam hal itu PDIP menduduki peringkat pertama dalam pemilu 2014 di Jawa Barat. Sementara Partai Golkar menduduki peringkat kedua.

“Pemilihan Ketua dan wakil ketua pimpinan DPRD Jabar sementara ini sudah sesuai dengan aturan,” jelas Ida.

Dalam hal itu, lanjutnya, Sekretariat DPRD Jabar sendiri sudah melayangkan surat kepada masing-masing partai untuk mengajukan siapa pimpinan dewan sementara. Bahkan jauh hari sebelum pelantikan, pihaknya sudah mendapatkan pengajuan nama dari masing-masing partai.

Menurutnya, masa berlaku pimpinan DPRD Jabar sementara sendiri tidak akan lama, dan itu berlaku sampai ada pimpinan definitif. Terlebih pemilihan pimpimnan DPRD sudah ada proses yang terbentuk dalam Tatib.

“Pimpinan sementara itu sampai terpilih pimpinan definitif. Saat ini kita sedang menunggu, kalau pemilihan tentunya ada proses, kalau penetapan prosesnya sudah terbentuk, ada alat kelengkapan dewan, baru kita minta kementrian dalam negeri untuk mendefinitifkan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, proses tersebut tidak akan lama, paling hanya membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan