Komisi A DPRD Jabar Apresiasi Desa Peradaban di Cisayong

  • Bagikan

BANDUNG (Lintasjabar.com),- Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat, memuji dan mengpresiasi terhadap upaya masyarakat serta perangkat Desa Cisayong Kecamatan Cisayong Kabupaten Tasikmalaya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warganya, melalui Desa Peradaban.

Dengan bantuan keuangan sebesar Rp 1 miliar yang berasal dari APBD Tahun Anggaran 2010, desa tersebut telah mampu melaksanakan 18 kegiatan yang sebanyak 17 kegiatan bidang infrastruktur pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi.

Keberhasilan tersebut, terungkap ketika Komisi A DPRD Provinsi Jawa Barat, dipimpin Wakil Ketuanya, H. Sugianto, SH, ketika kunjungan kerja pada salah satu desa penerima program Desa Peradaban di Kabupaten Tasikmalaya.Menurut Sugianto, SH, di Desa Cisayong, perangkat desa beserta masyarakat, saat ini telah mampu memanfaatkan hasil pembangunan yang dilaksanakan secara mandiri tersebut berup rehabilitasi madrasah, kantor desa, pasar desa, sarana ibadah, air bersih/MCK dan pembangunan akses jalan desa.

Berdasarkan hasil evaluasi ini, kata Sugianto, Komisi A akan melaporkan kepada Pimpinan DPRD Jabar, yang diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan kepada Gubernur.

Diharapkannya, keberhasilan program tersebut, gubernur akan lebih memperhatikan program-program pembangunan di pedesaan, terutama di desa-desa yang belum mendapatkan bantuan program tersebut.

Dalam kunjungan tersebut, Wakil Ketua Komisi A DPRD Jawa Barat, H. Sugianto Nangolah selain memuji keberhasilan tersebut, berharap pula desa-desa yang menerima bantuan serupa dapat melaksanakan program sesuai dengan perencanaan. Dengan demikian, kata Sugianto, pada akhirnya masyarakat sendiri dapat menikmati hasilnya.

Sementara itu, Asda Bidang Kesra Kabupaten Tasikmalaya Djejen Suhendi menjelaskan, saat ini di Kabupaten Tasikmalaya terdapat 39 kecamatan dengan 350 Desa/Kelurahan. Disebutkan pula, meskipun desa tersebut telah mendapat bantuan keuangan dari APBD Provinsi Jawa Barat sebesar Rp 1 miliar, tetapi peran serta masyarakat masih tetap tinggi, yakni melalui tambahan dana swadaya.

Kepala Desa Cisayong Kecamatan Cisayong, Ajang Hidaya yang turut hadir dalam pertemuan tersebut, menyatakan terima kasih atas bantuan yang diberikan Gubernur Jabar melalui APBD Provinsi Jawa Barat tersebut.

Diharapkan, di masa yang akan datang, bantuan melalui APBD Provinsi Jawa Barat, Desa Cisayong dapat menerima program sejenis, yang langsung dapat di nikmati masyarakat langsung. (Rif)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan