Komisi D: Jalur Kereta Api Lama Minta Dioperasikan Kembali

  • Bagikan

BANDUNG (LJ),- Komisi D DPRD Jawa Barat berharap jalur-jalur kereta api di Jawa Barat yang sudah lama tidak beroperasi agar kembali dibuka demi terlayaninya akses transportasi masyarakat. Sebab, dibukanya akses transportasi massal tersebut mampu sangat membantu masyarakat.

Ditemui wartawan di Gedung DPRD jalan Diponegoro no 27 kota  Bandung Anggota Komisi D DPRD Jabar Heri Mei mengatakan, jalur kereta api ke Ciwidey, Kabupaten Bandung sangat layak jika dioperasikan kembali. Sebab, selain melayani akses transportasi masyarakat, dibukanya jalur itu pun mampu menggeliatkan perekonomian masyarakat Ciwidey.

Menurut Heri, sebagai kawasan wisata, Ciwidey memiliki daya tarik bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Dengan dibukanya jalur kereta api ke daerah tersebut, kata wakil rakyat dari partai moncong putih ini, meyakini kunjungan wisatawan akan semakin maksimal.

Dipaparkannya pula, dengan demikian sehingga masyarakat pun akan memperoleh keuntungan ekonomi, dengan meningkatnya kunjungan wisatawan.

Lebih lanjutkan dikatakannya, beroperasinya kereta api pun mampu menjadi solusi kemacetan yang saat ini menghantui warga Bandung. Namun, dirinya berharap pembukaan kembali jalur kereta api tersebut didukung oleh persiapan infrastruktur yang baik.

“Harus diuji lagi, jalurnya masih layak digunakan atau tidak,” katanya.

Selain itu, penggunaan oleh masyarakat terhadap bekas jalur kereta api menjadi permasalahan lain. Pasalnya, bekas jalur kereta api yang beroperasi sejak jaman penjajahan Belanda kini menjadi tempat tinggal bagi sebagian masyarakat sekitar.

“Dan ini yang harus diperhatikan PT KAI dan pemerintah ketika akan membuka kembali jalur kereta api,” katanya. (San)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan