Komisi D Tinjau Situ Cibeureum

  • Bagikan

BANDUNG (LJ),- Banyaknya situ di Jawa Barat yang beralih fungsi menjadi keprihatinan Komisi D DPRD Provinsi Jawa Barat. Hal ini ditunjukkan Anggota Komisi D saat melakukan peninjauan ke Situ Cibeureum yang berada diantara dua desa yaitu Desa Lambang Sari dan Lambang Jaya, Tambun Selatan yang saat ini lokasinya berada di tengah kompleks perumahan Grand Wisata Kab. Bekasi (23/7)

Situ yang luasnya  20,614 meter per segi dan  berada di bawah pengelolaan  Balai Besar Pengelolaan Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane ini lingkungan sekitarnya telah  berubah menjadi kawasan perumahan mewah dan mengalami penyusutan padahal  Situ Cibeureum merupakan salah satu bagian dari kesepakatan pelestarian situ terpadu di Jabodetabek.

Komisi D berharap agar keberadaan situ-situ di Jawa Barat, termasuk Situ Cibeureum dapat ditertibkan dan difungsikan sebagaimana mestinya yaitu sebagai reservoir atau sumber air dan dapat dimanfaatkan sebagai potensi wisata.

Sebagaimana diketahui semakin banyaknya situ yang telah beralih fungsi mendorong DPRD Provinsi Jawa Barat dalam hal ini Komisi D untuk meminta Pemprov Jawa Barat sesuai kewenangannya melakukan inventarisasi serta sertifikasi situ sebagai salah satu aset daerah yang perlu dilestarikan dan keberadaannya dimanfaatkan untuk masyarakat. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan