Komisi V Minta Penyelenggara PON Bekerja Maksimal

  • Bagikan

BANDUNG LJ – DPRD Jawa Barat meminta pihak-pihak terkait penyelenggaraan PON XIX 2016 di Jabar bisa bekerja optimal dalam menyiapkan even olah raga terbesar di Tanah Air ini. Ini penting demi menjaga nama baik Jabar di mata nasional.

Ketua Komisi V DPRD Jabar Agus Wellyanto mengatakan, instansi terkait seperti PB PON, Disorda, dan KONI Jabar harus bekerja sesuai tugasnya masing-masing. “Tidak over laping antara KONI, Disorda, dan PB PON, agar pertanggungjawabannya jelas,” kata Agus di Gedung DPRD Jabar jalan Diponegoro no 27 Kota Bandung, Senin (3/11).

Sebagai contoh, kata Agus, KONI Jabar fokus pada pembinaan atlet, sehingga tidak melibatkan diri dalam penyiapan venue pertandingan. Dengan begitu, Agus pun berharap, penggunaan anggaran bisa berjalan sesuai aturan dan tertib administrasi.

Agus tidak menginginkan adanya persoalan hukum yang terjadi usai pelaksanaan PON XIX 2016 di Jabar. Jika itu terjadi, kata dia, akan sangat mencoreng citra Jabar di mata nasional.

“Jangan ada kebocoran. Kalau ini terjadi, akan memalukan Jabar,” katanya.

Lebih lanjut Agus katakan, pihaknya siap mendorong anggaran yang lebih besar pada 2015 mendatang. “Kita mengapresiasi, mendukung sebagai tuan rumah. Sebagai mitra kerja, kita mendorong agar betul-betul PON 2016 ini sesuai target, jadi Jabar Kahiji,” katanya.

Untuk menyempurnakan persiapan, Komisi V akan meninjau sejumlah proyek persiapan PON 2016, salah satunya pembangunan venue pertandingan. “Kami akan meninjau ke sejumlah kota yang menjadi lokasi pertandingan,” katanya.

Sementara itu Ketua Umum PB PON XIX 2016 yang juga Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan memastikan pembangunan venue pertandingan terus dikerjakan. Bahkan, Heryawan menjanjikan, penyiapan venue tersebut akan lebih maksimal pada 2015 mendatang.

Dia mengakui, pada APBD 2014 ini, anggaran yang dialokasikan untuk persiapan PON 2016 tergolong minim. “Untuk anggaran perubahan sekarang enggak akan cukup karena sedikit,” kata Heryawan di Gedung Sate, Bandung, Senin (3/11).

Dirinya pun yakin, persiapan PON akan tetap optimal. Terlebih, seluruh elemen di Jabar mendukung penyelenggaraan even empat tahunan itu. (Ihsan)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan